Vietnam Batal Gelar F1 2020

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Jumat, 16 Okt 2020 17:38 WIB
Jakarta -

Ajang balap Formula Satu Vietnam resmi dibatalkan. Pihak penyelenggara Grand Prix Formula Satu Vietnam pada hari Jumat (16/10) menyatakan pembatalan tersebut disebabkan oleh pandemi COVID-19.

"Ini merupakan keputusan yang sangat sulit tetapi harus diambil, mengingat ketidakpastian yang terus berlanjut yang disebabkan oleh pandemi virus corona global," kata Grand Prix Corp Vietnam dalam sebuah pernyataan. Pihak penyelenggara juga akan mengembalikan semua tiket yang terjual.

Kepala Eksekutif Vietnam Grand Prix Corp Le Ngoc Chi mengatakan pada hari Jumat (16/10) bahwa pembatalan muncul sebagai satu-satunya pilihan setelah mempertimbangkan alasan keselamatan.

Kementerian Kesehatan Vietnam mencatat lebih dari 1.110 kasus infeksi COVID-19 dengan 35 kasus kematian. Sebelumnya, otoritas kota Hanoi mengatakan ajang balap F1 mungkin bisa digelar pada akhir November mendatang, jika negara tersebut dalam tiga bulan terakhir tidak menemui kasus transmisi domestik virus corona.

Tidak hanya Vietnam

Awal musim Formula 1 pada Maret 2020 diundur ke bulan Juli akibat pandemi COVID-19. Jumlah total balapan sebelumnya dipotong menjadi 17 dari rekor 22 balapan, dengan Vietnam menjadi tuan rumah ajang balap ke-13 dari kalender asli yang dihentikan tahun ini.

Pada bulan Juli lalu, Formula 1 telah membatalkan empat balapan di benua Amerika dan tiga seri di Eropa. Selanjutnya pada bulan Agustus, Formula 1 juga membatalkan Grand Prix Cina, kemudian empat seri balapan lainnya, yaitu satu di Turki, dua di Bahrain, dan satu di Abu Dhabi.

ha/hp (Reuters)

(ita/ita)