Nobel Ekonomi 2020 Untuk Inovasi Format Baru Lelang

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 16:18 WIB
Jakarta -

Dua pakar ekonomi AS, Paul Milgrom dan Robert Wilson dianugerahi hadiah Nobel Ekonomi untuk prestasinya "memperbaiki teori pelelangan dan penemuan format baru pelelangan," demikian pengumuman Komite Nobel hari Senin (12/10)

"Pelelangan terjadi di semua tempat dan mempengaruhi kehidupan keseharian kita", demikian pernyataan Komite Nobel. Inovasi dari kedua pemenang hadiah Nobel ekonomi tahun 2020 itu memberikan keuntungan kepada penjual, pembeli dan pembayar pajak di seluruh dunia.

"Format baru pelelangan adalah contoh menarik dari bagaimana riset dasar dapat secara langsung mendorong penemuan yang menguntungkan masyarakat", demikian pernyataan itu lebih lanjut. Pelelangan dimanfaatkan untuk menjual dan membeli beragam barang dan jasa, termasuk listrik, aset finansial, kuota penangkapan ikan dan subsidi emisi.

Kedua pakar ekonomi itu pada 1994 merancang aturan buat Komisi Komunikasi federal AS dalam pelelangan frekuensi radio untuk operator telekomunikasi. Format yang mereka temukan, sejak saat itu digunakan secara global untuk alokasi perijinan yang bernilai miliaran US Dolar.

Bagikan pengalaman pelelangan

Kedua pemenang hadiah Nobel, Milgrom dan Wilson, berbasis di Stanford University di California.
Milgrom mengatakan, ia menerima berita dianugerahi Nobel Ekonomi "dengan cara yang aneh". Bob Wilson mengetuk pintunya dan mengatakan keduanya dianugerahi hadiah Nobel Ekonomi. "Dia penasehat Doktoral saya, dan dia tinggal di seberang jalan di depan rumah saya", kata Milgrom kepada Associated Press.

"Sangat senang. Bisa mendapat respek sekaligus kasih sayang dari Wilson", kata Milgrom menambahkan.

Wilson mengatakan kepada wartawan lewat telepon, dia menyambut kabar bahagia menang penghargaan, dan bisa membagikan pengalaman pribadi yang terbatas dalam pelelangan. "Saya berjanji kepada diri sendiri, untuk tidak secara aktif berpartisipasi dalam pelelangan. Tapi istri saya menunjukkan, kami membeli sepatu ski di eBay, jadi saya pikir itu adalah pelelangan", ", kata Wilson.

Tidak digagas Alfred Nobel

Nobel Ekonomi, yang secara tenis dikenal sebagai Sveriges Riksbank Prize in Economic Sciences, diciptakan oleh Bank Sentral Swedia sebagai penghargaan kepada Alfred Nobel. Inilah satu-satunya hadiah Nobel yag tidak digagas oleh penemu dan dermawan Swedia itu.

Basis dari hadiah Nobel Ekonomi adalah donasi yang diterima oleh Komitee Nobel pada tahun 1968 dari Sveriges Riksbank dalam rangka ulang tahunnya yang ke 300.
(AP, Reuters)

(ita/ita)