Setelah Tutup 6 Bulan, Stadion Bundesliga Kembali Buka untuk Fans

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 17:54 WIB
Berlin -

Putaran liga utama sepak bola Jerman Bundesliga kembali akan bergulir mulai Jumat (18/9) mendatang. Kali ini penonton dibolehkan mendukung kembali tim kesayangannya langsung dari dalam stadion, setelah enam bulan absen.

Dalam konferensi negara bagian dan pemerintahan federal Jerman hari Selasa (15/9) diputuskan untuk membuka kembali pintu stadion sepak bola dan mengizinkan penonton mengisi 20 persen kapasitas stadion.

Klub papan atas Borussia Dortmund mengatakan akan mengundang 10.000 fans yang memegang tiket musiman untuk menyaksikan pertandingan pertamanya melawan Borussia Mnchengladbach hari Sabtu (19/9). Kln menargetkan 9200 fans untuk mendukung tim tuan rumah berhadapan dengan Hoffenheim.

Belum ada pengumuman langsung dari juara Bundesliga FC Bayern, yang akan menerima FC Schalke pada pertandingan pertama Bundesliga hari Jumat (18/9). Bayern telah melakukan uji coba di stadionnya untuk menyambut kembali para fans dengan menjaga jarak sosial.

Akibat larangan penonton masuk stadion, klub olahraga rugi besar

Konferensi negara bagian dan pemerintahan federal sepakat bahwa stadion dapat beroperasi kembali hingga 20 persen dari kapasitas normal untuk masa percobaan enam minggu. Aturan serupa dilaporkan akan berlaku untuk bidang olahraga lain yang selama ini berlangsung tanpa penonton.

Pandemi virus Corona dan hilangnya pendapatan dari tiket telah mengguncang keuangan klub-klub olahraga Jerman. Klub sepak bola masih dapat mempertahankan pendapatan TV, namun beberapa klub telah memotong biaya dan meminta pemain untuk menerima pemotongan gaji untuk sementara.

Bidang olahraga lain seperti basket atau bola tangan lebih terpukul karena tidak memiliki pemasukan TV seperti olahraga populer sepak bola atau tenis.

Tidak ada penjualan alkohol di stadion

Secara umum pemerintahan negara bagian dan federal sepakat untuk mengizinkan lagi acara massal dengan lebih 1000 penonton, dengan syarat hanya 20 persen kapasitas gedung atau stadion yang boleh digunakan.

Fase uji coba Bundesliga dengan penonton di stadion juga memberlakukan persyaratan laju infeksi yang terkendali. Selama 7 hari terakhir, angka infeksi per 100.000 penduduk tidak boleh melewati 35 kasus. Di dalam stadion penonton harus menjaga jarak aman 1,5 meter, dan tidak ada penjualan alkohol.

Penonton harus mengenakan masker pelindung sampai mencapai tempat duduknya. Setelah berada di tempat, penonton boleh membuka masker. Semua tiket akan memuat nama penonton dan tidak bisa digunakan oleh orang lain.

hp/pkp (dpa, ap, sid)

(nvc/nvc)