Banyak Orang Jerman Percaya China Akan Gantikan AS sebagai Negara Adikuasa

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 16:39 WIB
Jakarta -

Sekitar 42% orang Jerman merasa bahwa Amerika Serikat (AS) tampaknya akan digeser posisinya oleh Cina sebagai negara paling berkuasa di dunia dalam beberapa dekade mendatang. Demikian hasil survei yang ditunjukkan oleh YouGov, sebuah lembaga survei yang berbasis di Inggris pada Selasa (14/07).

Hanya 14% responden yang percaya bahwa AS akan mempertahankan supremasinya. Sekitar 23% menyatakan ragu-ragu dan 22% tidak memberikan tanggapan terhadap pertanyaan survei: "Menurut Anda, negara mana, AS atau Cina yang akan lebih kuat dalam 50 tahun ke depan?"

Pendapat terkait isu ini bervariasi tergantung partai mana yang didukung oleh para responden. Kebanyakan pendukung Partai Kiri memprediksi dominasi Cina atas AS di masa depan (54%), begitu pula dengan pendukung Partai Demokrat yang ramah bisnis dan pendukung Partai Hijau yang cinta lingkungan (52%).

Di sisi lain, pendukung partai sayap kanan, Alternatif untuk Jerman (AfD) adalah responden yang paling mungkin mengatakan bahwa AS akan tetap menjadi negara terkuat dunia, meskipun hanya 17% yang merespons.

Survei ini dilakukan dari 10-12 Juli, dengan melibatkan 4.054 responden berusia 18 tahun ke atas.

gtp/rap (dpa)

(ita/ita)