Belanda Kirim Menu Khas ke Rumah Sakit Jerman Sebagai Tanda Terima Kasih

ADVERTISEMENT

Belanda Kirim Menu Khas ke Rumah Sakit Jerman Sebagai Tanda Terima Kasih

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 09:07 WIB
Jakarta -

Dewan Pemasaran Ikan Belanda hari Rabu (10/6) mengatakan bahwa tangkapan ikan hering pertama tahun 2020 akan dikirim ke Jerman sebagai hadiah bagi staf medis di negara bagian Nordrhein Westalen (NRW). Hadiah itu adalah tanda terima kasih karena Jerman telah membantu merawat pasien Covid-19 dari Belanda.

Sekitar 4000 ikan haring asin - makanan lezat khusus yang di Belanda dikenal sebagai maatjes - akan diserahkan kepada Menteri Kesehatan NRW Karl-Josef Laumann dan direktur rumah sakit universitas di Mnster, Hugo van Aken.

Negara bagian NRW yang berbatasan dengan Belanda pada awal April menerima pasien Covid-19 dari tiga negara Uni Eropa, termasuk 28 pasien dari Belanda, untuk membantu unit perawatan intensif yang terbebani. Inisiatif serupa juga dilakukan di negara-negara bagian lain di Jerman, yang menerima pasien virus corona dari Prancis dan Italia.

Kapasitas rumah sakit cukup

Secara keseluruhan, lebih 100 pasien dari Belanda dilaporkan dirawat di beberapa rumah sakit Jerman. Rumah sakit universitas Mnster bertindak sebagai pusat koordinasi untuk "pasien internasional " dan mengorganisasi transfer pasien bersama rumah sakit mitranya di Rotterdam, Belanda.

Menteri kesehatan NRW, Karl-Josef Laumann bulan April lalu mengatakan kepada media, negara bagiannya masih memiliki cukup kapasitas dan "tentu saja kami akan membantu."

Pada saat itu, Jerman memiliki kapasitas 28.000 tempat tidur perawatan intensif yang siap menerima pasien Covid-19. Di negara bagian NRW ada sekitar 6.000 tempat tidur perawatan intensif, dengan sekitar 2400 yang kosong, kata Karl-Josef Laumann saat itu.

Menu spesial khas Belanda

Penangkapan ikan haring biasanya berlangsung dari Juni hingga Agustus. Pada awal musim penangkapan, biasanya tangkapan pertama dilelang untuk tujuan amal dalam pertemuan besar publik.

Maatjes adalah makanan ikan haring utuh yang direndam dalam air garam. Daging ikan yang berwarna kemerahan itu adalah menu yang sangat populer dari Belanda.

Santapan maatjes klasik biasanya disajikan dengan irisan bawang bersama salad kentang rebus dan saus mayones.

(hp/as)

(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT