Apakah Orang Jerman Terlalu Banyak Minum Bir?

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 19:38 WIB
Berlin -

Setiap penduduk Jerman rata-rata mengkonsumsi sekitar 10,5 liter alkohol murni, lapor Lembaga Pengawas Masalah Kecanduan Jerman-DHS yang baru saja merilis laporan tahunan "Jahrbuch Sucht 2020". Sebagai perbandingan, setiap penduduk Swedia rata-rata mengkonsumsi enam liter alkohol murni setiap tahun.

Konsumsi minuman beralkohol seperti bir, wine dan minuman-minuman lainnya, tahun 2018 rata-rata naik 0,3 liter, menjadi 131,3 liter per kapita, kata DHS yang bermarkas di kota Hamm (www.dhs.de).

Jerman secara internasional memang merupakan salah satu negara pengkonsumsi minuman beralkohol terbanyak. Selain konsumsi alkohol, DHS juga mengamati perkembangan konsumsi tembakau dan obat-obatan.

1,6 juta orang kecanduan alkohol, konsumsi rokok naik minimal

DHS melaporkan, tahun 2018 ada sekitar 3 juta orang dewasa antara 18 sampai 64 tahun yang menderita "gangguan terkait alkohol". 1,6 juta dari mereka menderita kecanduan. Setiap tahun ada sekitar 74000 kasus kematian yang terkait dengan konsumsi alkohol dan kombinasi alkohol dan tembakau.

Para pakar DHS mengatakan, dalam masalah konsumsi tembakau juga perlu lebih banyak langkah perlindungan, terutama untuk mencegah makin banyak remaja mulai merokok.

Tahun 2019, konsumsi rokok per kapita mencapai sekitar 900 batang, dengan omset produk rokok putih mencapai 74,6 miliar euro. Dibandingkan tahun sebelumnya, hanya ada kenaikan minimal 0,3 persen. Sedangkan konsumsi tembakau untuk rokok pipa maupun rokok lintingan turun sedikit menjadi 28.813 ton, dengan omset sekitar 35,7 miliar euro.

Laporan tahunan DHS "Jahrbuch Sucht 2020" juga menyebutkan, ada sekitar 1,5 sampai 1,9 juta penduduk Jerman kecanduan obat-obatan, terutama obat penenang dan obat tidur.

hp/as (afp, epd)

(ita/ita)