Bagaimana Melindungi Diri dari Virus Corona dan Informasi Palsu?

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 10:03 WIB
Jakarta -

Penyebaran virus corona yang sangat cepat mengejutkan para ilmuwan dan publik. Tapi di media sosial tersebar informasi salah dan berita-berita tanpa fakta tentang virus itu. Internet dan media sosial seakan jadi pabrik rumor untuk membangkitkan kepanikan dan kekacauan. Ini sebagian isu yang beredar, dan klarifikasi tentang faktanya.

Dapatkah saya tertular virus corona dari surat atau paket yang dikirim dari Cina?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat mengatakan, kemampuan bertahan virus corona buruk pada permukaan keras, karena itu "risiko penyebaran dari produk atau kemasan yang dikirim selama beberapa hari atau minggu sangat rendah."

Artinya, kalau Anda membeli barang secara online, kemungkinan besar paket yang datang aman untuk diterima.

Apakah mandi yang bersih dan memakai pemutih di hidung bisa mencegah saya mendapatkan virus corona?

Desinfektan berbasis klorin, pelarut, etanol kadar 75% dan kloroform dapat membunuh 2019-nCoV pada permukaan keras. Namun, menempatkan bahan kimia langsung di kulit Anda sangat berbahaya dan bahkan bisa bisa fatal.

Bisakah hewan peliharaan menyebarkan 2019-nCov?

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan peliharaan rumah tangga, seperti kucing dan anjing, dapat terinfeksi virus corona yang baru. Tapi mencuci tangan dengan sabun dan air secara teratur setelah menyentuh anjing atau kucing kesayangan Anda akan membantu menghentikan penyebaran bakteri yang biasa mereka bawa, seperti E. coli dan salmonella.

Apakah vaksin pneumonia bisa melindungi saya dari virus corona yang baru?

Virus yang baru ini perlu vaksinnya sendiri. Vaksin pneumonia seperti pneumokokus dan Haemophilus influenzae tipe B (Hib) tidak akan melindungi Anda dari virus corona. Para ilmuwan sedang berusaha mengembangkan vaksin baru melawan 2019-nCoV.

Apakah membilas hidung dengan air garam bisa mencegah infeksi virus corona?

Banyak posting di media sosial mengklaim bahwa menggunakan larutan air asin untuk membilas lubang hidung bisa mencegah infeksi virus corona. Menurut WHO, tidak ada bukti yang mendukung klaim itu atau membuktikan bahwa larutan garam akan "membunuh" virus corona dan melindungi Anda.

Benarkah berkumur dengan obat kumur melindungi saya dari infeksi 2019-nCoV?

Berkumur dengan obat kumur tidak akan melindungi Anda dari virus corona. Obat kumur jenis tertentu memang dapat menghilangkan mikroba tertentu pada air liur Anda selama beberapa menit, tetapi menurut WHO, ini tidak akan melindungi Anda dari virus corona yang baru.

Apakah makan bawang putih bisa mencegah saya mendapatkan virus corona?

Klaim ini telah menyebar luas di media sosial. Meskipun mungkin bawang putih memiliki beberapa sifat antimikroba, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa bawang putih, atau juga memakan bohlam, bisa melindungi Anda dari wabah virus corona.

Gejala apa yang akan saya miliki jika saya tertular virus corona?

Virus corona ditularkan melalui cairan, misalnya ketika orang yang terinfeksi menghembuskan napas, batuk atau bersin. Masa inkubasi 2019-nCoV adalah sekitar 14 hari. Seseorang bisa menginfeksi orang lain, sebelum gejala-gejala sakit muncul pada dirinya.

Bagaimana saya bisa melindungi diri dari infeksi?

WHO antara lain menyarankan empat langkah dalam grafik di bawah ini.

Bagaimana Melindungi Diri dari Virus Corona dan Informasi Palsu?Foto: dw

hp/vlz

Simak Video "Jokowi Minta Para Menteri Update Virus Corona Pagi-Siang-Malam"

[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita)