Korban Kebakaran Australia Terus Bertambah, Asapnya Sampai ke Amerika Selatan

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 10:02 WIB
Canberra -

Seorang pria pekerja manajemen kebakaran hutan dikonfirmasi meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan mobil ketika memerangi api di negara bagian Victoria.

Menteri Layanan Darurat Negara Victoria, Lisa Neville mengatakan hari Rabu (8/1) kecelakaan itu terjadi tanggal 3 Januari lalu.

Di Victoria, ada lebih dari 40 kebakaran hutan, belasan titik kebakaran mulai bergabung membentuk areal kebakaran yang lebih luas. Di negara bagian New South Wales, masih ada dari 120 kebakaran, dengan 50 kebakaran dalam status tidak terkendali.

Kedua negara bagian hari Selasa dan Rabu memang mengalami hujan. Namun pihak berwenang tetap meminta warga di beberapa kota untuk mengungsi lebih awal karena kondisi kebakaran ekstrem diperkirakan akan tiba pada hari Jumat (10/1).

Menteri Layanan Darurat New South Wales, David Elliott mengatakan kepada wartawan hari Rabu, beberapa hari ke depan situasi cuaca dan kebakaran akan lebih ekstrem .

Asapnya sampai ke Amerika Selatan

Asap kebakaran hutan di Australia telah menempuh jarak lebih 11 ribu kilometer sampai ke Amerika Selatan, kata Organisasi Meteorologi Dunia, WMO hari Selasa (7/1).

Minggu yang lalu, kadar karbon monoksida tertinggi di dunia diukur di atas Samudra Pasifik Selatan yang termasuk "bersih".

WMO mengutip laporan dari badan meteorologi setempat dan mengatakan, langit di atas Chile tengah menjadi abu-abu dan matahari di ibu kota Argentina, Buenos Aires terlihat berwarna merah.

"Kebakaran yang telah menyebabkan kualitas udara (ke tingkat) berbahaya di kota-kota besar di seluruh Australia, berdampak pada Selandia Baru dan mengirim asap melayang ribuan kilometer melintasi Pasifik ke Amerika Selatan," kata WMO.

Bantuan pemadam kebakaran dari luar negeri

Para pejabat AS hari Selasa mengatakan, mereka berencana mengirim setidaknya 100 petugas pemadam kebakaran ke Australia untuk bergabung dengan 159 yang sudah ada di negara itu dalam memerangi kebakaran hutan. National Interagency Fire Center di Boise, Idaho, mengatakan bahwa 90 petugas pemadam kebakaran sudah berangkat dalam beberapa hari terakhir untuk membantu memadamkan api di Australia.

100 petugas pemadam kebakaran Amerika lainnya diperkirakan akan terbang ke Australia minggu depan, kata jurubicara Carrie Bilbao. Ini adalah pengiriman petugas pemadam kebakaran AS yang terbesar ke luar negeri, katanya.

Otoritas Layanan Darurat dan Kebakaran Australia telah meminta bantuan dari mitra-mitranya di luar . AS memiliki perjanjian kerjasama penanggulangan kebakaran hutan dengan Australia, Kanada, Meksiko dan Selandia Baru.

hp/ap (rtr, ap, dpa)



(ita/ita)