detikNews
Kamis 28 November 2019, 10:40 WIB

Pria Jerman Letakkan Uang Rp 300 Juta di Atap Mobil dan Lupa Mengambilnya

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Pria Jerman Letakkan Uang Rp 300 Juta di Atap Mobil dan Lupa Mengambilnya
Berlin -

Seorang pensiunan Jerman kehilangan puluhan ribu euro pada akhir pekan lalu setelah meninggalkan uang itu di atap mobil karena lupa.

Pria berusia 70 tahun itu baru saja mengambil uang 20 ribu euro, atau senilai 300 juta rupiah, di sebuah bank di kota kecil Witten di negara bagian Nordrhein-Westfalen. Polisi setempat mengatakan hal itu terjadi hari Jumat lalu (22/11) sekitar pukul 4 sore, tulis portal berita lokal rp-online.de.

Polisi baru merilis laporan kejadian itu hari Selasa (26/11). Pria itu memasukkan uang tersebut ke dalam amplop yang dia letakkan di atas atap mobil, ketika mencari kunci mobilnya.

Setelah mengendarai mobil beberapa saat dan sampai di tujuan, pria itu menyadari kesalahannya. Tetapi amplop berisi uang itu sudah lenyap.

Polisi mengatakan pria itu berniat membeli mobil baru, karena itu dia mengambil uang sebanyak itu di bank.

Baca juga: Mengapa Orang Jerman Rajin Menabung?

Polisi sekarang meminta siapa saja yang mungkin menemukan amplop dengan uang tunai tersebut agar menyerahkannya ke kantor polisi terdekat.

Membayar pembelian mobil dengan uang tunai memang masih cukup umum dilakukan di Jerman. Tidak hanya mobil, melainkan juga barang-barang lain, misalnya perhiasan atau jam tangan mahal yang sudah dipakai dan dijual lagi oleh pemiliknya.

Kasus serupa tahun ini juga terjadi di Herne, hanya beberapa kilometer dari Witten. Seorang pengendara mobil meletakkan amplop berisi uang sebanyak 1.500 euro di atap mobilnya di tempat parkir sebuah supermarket dan lupa memasukkannya. Untung saja seorang pejalan kaki menemukan amplop itu. Setelah melapor ke supermarket dan melihat rekaman video pengawas, pemilik mobil berhasil diidentifikasi.

Masih belum jelas, bagaimana nasib uang 20.000 euro dalam kasus terbaru ini. Polisi mengatakan, amplop berisi uang itu kemungkinan jatuh di tengah perjalanan.

Baca juga: Survei: Jerman Paling Beruntung Dengan Pemberlakuan Mata Uang Euro

hp/rap (dari berbagai sumber)




(ita/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com