detikNews
Jumat 01 November 2019, 09:46 WIB

Trik Daur Ulang Sampah dan Labu Sisa Halloween

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Trik Daur Ulang Sampah dan Labu Sisa Halloween
Washington -

Berdasarkan laporan dari supermarket Inggris, Tesco, penjualan labu Halloween tahun ini mencapai rekor tertinggi yakni 18.000 ton.

Sebagai upaya mencegah perubahan iklim dan mengurangi limbah makanan, beberapa keluarga yang merayakan Halloween mencoba memasak labu yang telah diukir. Namun masih banyak juga sisa labu yang berakhir di tempat pembuangan sampah.

Selain labu, kostum khas Halloween juga berpotensi berakhir di tempat sampah. Sebuah studi yang dirilis Oktober 2019 oleh badan amal dan lingkungan Inggris, FairyLand Trust dan Hubbub memperkirakan 7 juta kostum Halloween dibuang setiap tahunnya atau setara dengan 2.000 ton sampah plastik.

"Di alam tidak ada limbah. Tidak ada alasan mengapa labu itu kemudian menjadi limbah. Terserah kamu, jika tidak mau memakannya bisa dibuat pupuk kompos. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan meniru alam," jelas Ross Findon, juru bicara Ellen MacArthur Foundation, sebuah badan amal yang berfokus pada upaya mendaur ulang limbah menjadi bahan baku baru.

Penyelamatan labu

Hubbub selama lima tahun terakhir telah menjalankan hampir 240 kegiatan upaya penyelamatan labu, di mana orang-orang berkumpul untuk mencari cara baru memasak labu sisa Halloween dan juga sekaligus mengubah pandangan tentang sampah makanan.

Dengan kegiatan seperti ini, Hubbub telah berhasil menjauhkan 17.500 labu dari tempat pembuangan sampah. Kepala divisi makanan Hubbub, Tessa Tricks menyatakan sebagian besar rumah tangga di Inggris hanya memakan setengah dari labu Halloween yang mereka beli.

Tessa merekomendasikan bagi orang-orang yang merayakan Halloween agar memasak dan memakan sisa labu tersebut, terkecuali labu yang di bagian dalamnya diisi dengan lilin dan sudah mulai membusuk. Jika labu mulai membusuk, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah membuat kompos, jika memungkinkan.

Berbeda dengan labu, menangani sampah sisa kostum Halloween tidak lah mudah. Peneliti dari FairyLand Trust and Hubbub menemukan bahwa 83 persen dari bahan yang digunakan dalam 324 kostum Halloween berasal dari plastik berbahan dasar minyak. Diperkirakan kurang dari 13 persen materi itu terbuat dari kain daur ulang dan hanya 1 persen dari kostum tersebut didaur ulang menjadi baju baru.

Salah satu trik untuk menyelamatkan lingkungan adalah dengan membuat kostum dari pakaian lama atau opsi lain adalah dengan menyewa kostum dibanding membeli yang baru.

ha/na (Reuters)




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com