Bikin Menu Tanpa Harga untuk Perempuan, Restoran Ini Didenda Hampir Rp 1 M

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 09:32 WIB
Lima -

Sebuah restoran populer bernama La Rosa Nutica memperbolehkan wanita memesan berbagai menu tanpa harus membayarnya. Namun privilese ini tidak bisa didapatkan oleh pria. Atas dasar diskriminasi ini, restoran La Rosa Nutica diwajibkan membayar denda senilai Rp 859 juta.

Di restoran tersebut, pria diberikan buku menu berwarna biru lengkap dengan harga yang tertera untuk setiap menu, sedangkan untuk wanita diberikan buku menu berwarna emas yang hanya menampilkan menu tanpa harga.

Makan tanpa memikirkan uang

Liliana Cerron, pakar dari Institut Nasional untuk Persaingan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual yang menjatuhkan denda kepada restoran tersebut, menyatakan hal-hal kecil ini tidak berbahaya tetapi pada akhirnya hal ini akan menimbulkan jurang perbedaan yang lebih dalam antara pria dan wanita.

La Rosa Nutica merupakan restoran yang populer di kalangan wisatawan dan direkomendasikan di sejumlah buku panduan. La Rosa mempromosikan restorannya dengan slogan "Wanita Ingin Memiliki Malam Romantis Tanpa Khawatir Harga Makanan".

Selain membayar denda, restoran La Rosa Nutica juga secara konsisten harus membagikan menu yang sama untuk pelanggan pria dan wanita. Selain itu, restoran harus melatih staf untuk tidak mentoleransi diskriminasi.

ha/na (der standard)



(ita/ita)