detikNews
Kamis 26 September 2019, 14:53 WIB

Semarak Oktoberfest, Festival dan Pesta Bir Terbesar Dunia di Munchen

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Semarak Oktoberfest, Festival dan Pesta Bir Terbesar Dunia di Munchen
Berlin -

Puluhan ribu orang hadir pada pembukaan Oktoberfest akhir minggu lalu, festival bir terbesar dunia yang setiap tahun digelar di kota München, Jerman. Satu jam sebelum acara pembukaan resmi, beberapa tenda di Oktoberfest sudah harus menutup pintu, karena padatnya pengunjung.

Oktoberfest memang bukan festival biasa. Pesta rakyat yang digelar di lokasi lapangan terbuka ini menampilkan berbagai atraksi. Antara lain acara musik dengan band dan orkestra tradisional, yang dipandu oleh aktor terkenal, Arnold Schwarzenegger, yang juga mantan gubernur negara bagian California di AS.

Begitu gerbang Oktoberfest dibuka, pengunjung yang sudah menunggu langsung berlarian menuju tenda-tenda festival untuk mendapat tempat duduk di salah satu tenda besar. Panitia mengatakan, beberapa tenda sudah begitu penuh, sehingga tamu-tamu yang sudah memesan tempat duduk sebelumnya dan datang terlambat tidak bisa dilayani lagi.

Oktoberfest pertama digelar pada tahun 1810 pada bulan Oktober. Tapi sejak 1904 festival bir sekaligus pesta rakyat ini selalu dimulai pada bulan September, untuk menghindari cuaca buruk.

Bisnis besar

Walikota München Dieter Reiter membuka pesta tradisional ini sesuai tradisinya dengan mengetuk tabung bir segar dengan palu, dengan dua pukulan dan teriakan "O'zapft is," yang artinya kurang lebih: "Ayo diserap." Lalu dia menyerahkan gelas bir pertama kepada Perdana Menteri Negara Bagian Bayern, Markus Söder dan pasangannya, untuk meneguk gelas pertama tanda festival resmi dibuka.

Jumlah pengunjung ke Oktoberfest tahun ini diperkirakan akan mencatat rekor baru dengan lebih dari 6 juta pengunjung dari seluruh dunia. Kehadiran tahun 2018 tercatat naik 14 persen dari tahun 2017, yaitu sekitar 6,3 juta orang. Pengunjung Oktoberfest memang datang dari berbagai penjuru. Bahkan di beberapa kota di luar Jerman orang sudah menggelar Oktoberfest sendiri.

Oktoberfest tahun 2019 akan berlangsung sampai 6 Oktober mendatang, dan kini merupakan bisnis besar yang menggiurkan. Satu liter bir bisa berharga 11,80 euro atau sekitar 16 ribu rupiah. Ukuran gelas bir di Oktoberfest adalah 1 liter dan konsumsi bir di pesta ini memang selalu tinggi.

hp/ae (dpa, ap)




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com