detikNews
Rabu 29 Mei 2019, 11:00 WIB

Aktivis Greta Thunberg Tampil di KTT Iklim Arnold Schwarzwenegger

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Aktivis Greta Thunberg Tampil di KTT Iklim Arnold Schwarzwenegger
Wina -

Pertemuan puncak iklim yang dikoordinasikan aktor tenar dan mantan Gubernur Kalifornia Arnold Schwarzenegger dibuka di Wina, Selasa (28/05). Aktivis remaja Swedia Greta Thunberg berbicara pada pembukaan konferensi tentang kegagalan para pemimpin untuk bertindak.

"Kami kaum muda sedang bangkit, dan kami berjanji tidak akan membiarkan kalian bersikap seperti ini lagi," kata Greta Thunberg dalam sambutan pembukaannya. Dia mengatakan, banyak orang masih belum tahu tentang skala darurat iklim saat ini, karena mereka "belum diberi tahu, atau lebih penting lagi, belum diberitahu oleh orang yang tepat," kata Thunberg, yang dikenal luas sebagai penggagas gerakan Fridays for Future yang menyebar luas terutama di kalangan pelajar Eropa.

Dia mengatakan, para politisi, selebriti, direktur dan jurnalis yang dikenal publik biasanya lebih didengar, dan itu memberi mereka tanggung jawab yang sangat besar.

"Dan jujur saja, ini adalah tanggung jawab yang sebagian besar dari kalian gagal mengembannya," kata Greta pada pertemuan tingkat tinggi itu. "Kita adalah manusia ... Kita adalah bagian dari alam. Kita adalah hewan sosial. Kita secara alami tertarik pada para pemimpin kita," tambahnya.

Krisis iklim adalah keadaan darurat, dan harus diperlakukan seperti itu, tidak dibahas sebagai cara untuk menghasilkan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi, kata Greta Thunberg.

"Sudah terlalu lama, orang-orang yang berkuasa... tidak melakukan apa pun untuk menghentikan kerusakan iklim dan ekologi. Mereka melarikan diri dengan mencuri masa depan kami dan menjualnya untuk keuntungan."

KTT iklim Wina

Pertemuan puncak di Wina antara lain dihadiri Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Presiden Austria Alexander Van der Bellen. Arnold Schwarzenegger memuji Thunberg sebagai visioner yang telah menciptakan gerakan muda akar rumput untuk membuat mereka yang berkuasa bertanggung jawab atas janji mereka untuk menanggulangi perubahan iklim.

"Jika kita gagal bertindak, itu adalah masa depan mereka yang dipertaruhkan, bukan milik kita. Visi mereka harus membuat kita bertindak," kata Schwarzenegger, yang sukses membintangi film-film Terminator.

KTT Iklim di Austria menyatukan para pejabat tinggi, kalangan bisnis, investor, masyarakat sipil dan pakar iklim serta perwakilan daerah dan kota dari seluruh dunia untuk mempromosikan dan mengimplementasikan Perjanjian Iklim Paris dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

KTT tahunan ini diselenggarakan oleh organisasi lingkungan R20 milik Arnold Schwarzenegger yang didirikan tahun 2011 untuk mempercepat investasi dan proyek infrastruktur hijau di berbagai kawasan.

hp/ts (dpa, afp, ap)




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed