DetikNews
Selasa 30 April 2019, 12:01 WIB

Partai Buruh Sosialis Menang Pemilu Spanyol, Perlu Mitra Koalisi Untuk Berkuasa

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Partai Buruh Sosialis Menang Pemilu Spanyol, Perlu Mitra Koalisi Untuk Berkuasa
Madrid -

PSOE pimpinan Perdana Menteri Pedro Sanchez memenangkan sekitar 28,7 persen suara dan muncul sebagai fraksi terkuat dalam pemilu parlemen di Spanyol hari Minggu (28/4). Partai nasionalis ultra kanan Vox untuk pertama kalinya akan duduk di parlemen setelah merebut sekitar 10,3 persen suara. Inilah untuk pertama kalinya dalam empat dekade, partai ultra kanan masuk parlemen.

Partai Rakyat konservatif PP, yang pernah lama berkuasa di Spanyol harus menelan kekalahan pahit dan hanya merebut sekitar 16,7 persen suara. Inilah hasil terburuk dalam pemilu bagi PP sejak pertama kali ikut pemilu tahun 1989, setelah mengubah namanya dari Alianza Popular (AP) menjadi Partido Popular (PP).

Sebelum pemilu, jajak pendapat masih memperkirakan kemenangan kubu kanan dengan PP dan partai liberal kanan Ciudadanos. Namun Ciudadanos ternyata hanya mampu memenangkan 15,8 persen suara. Partai kiri Unidas Podemos mengumpulkan sekitar 14,3 persen suara.

Pemerintah yang 'pro-Eropa'

Berbicara di depan pendukungnya di Madrid usai pemungutan suara, Sanchez mengatakan partainya akan berkomitmen pada janji-janji utamanya selama kampanye, yaitu bekerja untuk memperjuangkan keadilan sosial, menyelesaikan konflik politik dengan Catalonia dan mengakhiri korupsi.

"Kami tidak ingin mundur, kami ingin negara yang maju dan menatap ke masa depan," katanya.

Pedro Sanchez juga mengatakan kemenangannya sangat penting bagi Eropa, dan mengingatkan bahwa Spanyol adalah tempat di mana Sosialis dapat memenangkan pemilu dan di mana otoritarianisme dikalahkan. Sanchez berjanji akan memimpin pemerintahan yang pro-Eropa, dengan tujuan memperkuat Eropa.

Pimpinan partai oposisi PP Pablo Casado mengakui kekalahannya. "Saya bukan orang yang menghindari tanggung jawab, hasilnya sangat buruk," kata Pablo Casado kepada pendukungnya yang muram di markas partai di Madrid.

Casado mengambil tampuk pimpinan PP Juli lalu, setelah Perdana Menteri saat itu Mariano Rajoy kalah dalam mosi tidak percaya, yang membuat Partai Sosialis PSOE bangkit dan mengambil alih pemerintahan.

Tingkat partisipasi tinggi

Pemilu hari Minggu adalah pemilu parlemen yang dipercepat, karena Perdana Menteri Pedro Sanchez yang memimpin pemerintahan minoritas ingin mendapat mandat yang lebih kuat.

Meskipun ini adalah pemilihan ketiga dalam kurun waktu empat tahun, angka partisipasi pemilu hari Minggu melonjak naik mencapai sekitar 75 persen, naik lebih dari delapan persen dibanding pemilu sebelumnya pada tahun 2016, kata Kementerian Dalam Negeri.

Pemilu hari Minggu diikuti sekitar 36,8 juta pemilih, memperebutkan 350 kursi di parlemen.

hp/na (rtr, afp, ap)




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed