DetikNews
Selasa 05 Februari 2019, 12:11 WIB

Politisi dan Aktivis Gay Polandia Dirikan Parpol Kiri Baru

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Politisi dan Aktivis Gay Polandia Dirikan Parpol Kiri Baru
Warsawa - Politisi dan aktivis gay Robert Biedron mendirikan partai politik baru "Wiosna". Dia mengatakan partai progresifnya akan memperjuangkan toleransi, kebebasan dan perlindungan lingkungan.

"Wiosna", yang artinya "musim semi" bertujuan untuk menawarkan alternatif progresif pada partai sayap kanan PiS yang berkuasa dan saingan utamanya PO yang terlalu ramah bisnis, kata Robert Robert Biedron.

"Tidak ada ruang untuk kebencian, kita telah mencapai batasnya," katanya di depan ribuan pendukung di ibukota Polandia, Warsawa hari Minggu (3/2). "Kita membutuhkan musim semi yang akan memperbarui lanskap suram ini," tambahnya.

Robert Biedron adalah politisi pertama Polandia yang secara terbuka menyatakan bahwa dirinya adalah homoseksual. Dia mengatakan, partainya akan didasarkan pada tiga pilar: individu, komunitas, dan negara yang dapat dipercaya.

Dia selanjutnya menegaskan akan meliberalisasi undang-undang aborsi, membersihkan sektor energi Polandia dari batubara pada tahun 2035, dan menghentikan deforestasi.

Karier cemerlang

Robert Beidron memulai karir politiknya sebagai aktivis LGBT pada tahun 1990-an. Dia kemudian terpilih sebagai anggota parlemen nasional pada tahun 2011 dan sempat menjabat sebagai walikota kota Slupsk di Polandia utara dari 2014 hingga 2018.

Politisi berusia 42 tahun yang karismatik itu menanjak karirnya ketika para pemimpin sayap kiri yang lebih tua telah pensiun atau terlibat dalam sejumlah skandal korupsi. Posisi politiknya, termasuk mendukung penghentian ajaran agama di sekolah negeri, sempat menyulut kontroversi di Polandia, di mana Gereja Katolik sangat berpengaruh.

Politik Polandia menjadi semakin terpolarisasi sejak partai kanan PiS memenangkan pemilihan parlemen pada tahun 2015.

Meneruskan warisan politik Pawel Adamowicz

Januari lalu, walikota Gdansk yang progresif, Pawel Adamowicz, dibunuh ketika tampil dalam sebuah acara amal. Kematian politisi yang sangat populer itu mengejutkan warga Polandia. Kritik terhadap polarisasi dan suasana politik yang makin agresif pun makin kencang.

Berbicara di Warsawa pada hari Minggu, Robert Biedron menyatakan akan melanjutkan warisan politik Adamowicz.

"Kita perlu energi positif lebih dari sebelumnya," katanya. "Kita harus memenuhi warisan politik Pawel Adamowicz."

hp/vlz (dpa, afp, ap)




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed