DetikNews
Sabtu 17 November 2018, 02:24 WIB

Mayoritas Warga Jerman Ingin Angela Merkel Selesaikan Masa Jabatan

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Mayoritas Warga Jerman Ingin Angela Merkel Selesaikan Masa Jabatan Angela Merkel
Jakarta - Merkel tidak akan mencalonkan diri lagi jadi ketua Partai CDU, sehingga banyak yang meragukan apakah ia masih akan menjadi Kanselir hingga masa jabatannya berakhir. Hal itu ditunjukkan jajak pendapat terakhir.

Mayoritas warga Jerman berpendapat, Angela Merkel harus tetap menjabat sebagai Kanselir Jerman, walaupun tidak menjadi ketua Partai Kristen Demokrat (CDU) lagi. Demikian hasil survei Deutschlandtrend terakhir, yang diumumkan Jumat (16/11). Survei ini dilaksanakan media publik Jerman ARD. Bulan Desember, CDU akan memilih ketua baru, dan Merkel tidak mencalonkan diri lagi.

Jajak pendapat menunjukkan, mayoritas orang Jerman ingin Merkel terus menjadi kanselir, sampai masa jabatannya berakhir tahun 2021. Selain itu menurut hasil survei, lebih dari tiga perempat orang yang memberikan suara bagi CDU, ingin agar Merkel terus menjabat. Sementara lebih dari setengah pendukung Partai Hijau, Partai Kiri dan Partai Sosial Demokrat (SPD) juga menyokong Merkel agar terus menjadi kanselir. Sebaliknya, mayoritas pendukung partai ekstrem kanan AfD ingin Merkel turun jabatan.

'Seehofer harus hengkang'

Lewat survei tampak keberangan orang Jerman terhadap Menteri Dalam Negeri Horst Seehofer, yang kini turun jabatan dari pucuk pimpinan Partai Kristen Sosialis (CSU) yang jadi mitra aliansi CDU.

Baca juga: Ketua Umum CSU Horst Seehofer Nyatakan Akan Mundur Minggu ini

Hampir tiga perempat orang Jerman yang ikut survei mengatakan, Seehofer sebaiknya turun juga dari jabatannya sebagai menteri dalam kabinet Merkel.

Pengganti Merkel sebagai ketua partai

Jajak pendapat menunjukkan sebagian besar orang mendukung Annegret Kramp-Karrenbauer yang sekarang menjadi Sekretaris Jenderal CDU untuk menjadi ketua partai. Kramp-Karrenbauer mendapat sokongan 46% dari mereka yang memberikan suara bagi partainya.

Baca juga: Hasil Pemilu Negara Bagian Hessen Tamparan Hebat Bagi Angela Merkel

Friedrich Merz yang juga mencalonkan diri, mendapat 31% suara. Merz yang dulu pernah menjabat sebagai ketua fraksi CDU/CSU di Parlemen Bundestag, dalam sembilan tahun terakhir tidak berkecimpung lagi dalam politik. Menteri Kesehatan Jens Spahn (38), yang kerap mengkritik Merkel juga menjalonkan diri, tetapi hanya mendapat sokongan 12%.

Sokongan bagi Partai Hijau

Survei Deutschlandtrend terakhir menunjukkan, Partai Hijau terus mendapat sokongan, dan semakin mendekati kubu konservatif di bawah Merkel.

Menurut survei, jika akhir pekan ini diadakan pemilu, 23% orang Jerman yang berhak memilih akan memberikan suara bagi Partai Hijau. Sementara lebih dari seperempat memilih CDU/CSU.

Sokongan bagi Partai Sosial Demokrat (SPD) yang berkoalisi dengan Partai CDU menurut satu persen sehingga menjadi 14%. Kabar yang lumayan menyenangkan adalah, jumlah pendukung partai anti orang asing AfD juga berkurang menjadi 14%. (ml/vlz)




(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed