DetikNews
Jumat 09 November 2018, 17:58 WIB

Kota Koln dan Bonn Diperintahkan Berlakukan Larangan Mobil Diesel

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Kota Koln dan Bonn Diperintahkan Berlakukan Larangan Mobil Diesel
Bonn - Dua lagi kota di Jerman diperintahkan pengadilan untuk menerapkan larangan kendaraan diesel. Alasannya, polusi dari kendaraan diesel di Kln dan Bonn sudah mencapai taraf membahayakan kesehatan.

Pengadilan Jerman memutuskan bahwa kota Kln dan Bonn harus melarang kendaraan diesel berpolusi tinggi untuk meningkatkan kualitas udara. Larangan itu harus diberlakukan mulai April 2019.

Organisasi Lingkungan Deutsche Umwelthilfe (DUH) mengajukan gugatan ke pengadilan tata usaha di Kln, karena tingkat polusi udara dengan nitrogen dioksida (NO2) sudah melewati batas yang ditetapkan Uni Eropa sebagai berbahaya bagi kesehatan manusia.

Tahun 2017, tingkat polusi NO2 di Kln rata-rata mencapai 62 mikrogram, jauh di atas batas 40 mikrogram yang ditetapkan. Sedangkan di Bonn, polusi NO2 mencapai 47 mikrogram.

Menurut DUH, larangan kendaraan diesel adalah satu-satunya cara efektif menurunkan tingkat polusi itu dan pengadilan menerima argumentasi DUH.

"Sangat mengganggu"

Pemerintah kota Kln dan negara bagian Nordrhein-Westfalen (NRW) menyatakan akan mengajukan naik banding atas keputusan pengadilan itu, karena tidak mudah untuk menerapkan larangan kendaraan.

Menteri Lingkungan Hidup NRW Ursula Heinen-Esser mengatakan, pengadilan "tidak mempertimbangkan masalah proporsionalitas", karena larangan kendaraan diesel "sangat mengganggu dan merupakan kerja yang rumit".

Baca juga: Uni Eropa Tetapkan Reduksi Emisi Kendaraan Yang Lebih Ketat Sampai 2030

"Ini akan menyebabkan banyak gangguan untuk infrastruktur transportasi di kota Kln, dan memiliki dampak signifikan pada warga yang menggunakan transportasi, komuter dan seluruh Kln sebagai pusat bisnis," kata Heinen-Esser.

Masih ada 30 kota lain

Keputusan Pengadilan Kln adalah putusan larangan kendaraan terbaru bagi generasi mobil diesel dengan tingkat polusi NO2 yang tinggi.

DUH telah mengajukan gugatan di hampir hampir 30 kota, untuk memaksa pemerintah kota memberlakukan larangan kendaraan, atau mencari cara lain yang bisa menurunkan polusi secara efektif.

Sebelumnya, kota Stuttgart, Aachen, Frankfurt, Mainz dan Berlin juga diperintahkan pengadilan untuk memberlakukan larangan kendaraan diesel. Hamburg kini menerapkan larangan kendaraan diesel secara terbatas, berlaku hanya untuk beberapa bagian kota.

hp/vlz (dpa, afp, rtr)




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed