DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 09:32 WIB

Tim Arkeolog di Norwegia Temukan Kapal Viking dari Zaman Besi

DW (Soft News) - detikNews
Tim Arkeolog di Norwegia Temukan Kapal Viking dari Zaman Besi
Oslo - Sisa-sisa kapal Viking yang diperkirakan berasal dari Zaman Besi ditemukan sekelompok arkeolog di Norwegia.

Lembaga Norwegia untuk penelitian warisan budaya (NIKU) mengatakan bahwa kapal sepanjang 20 meter di Ostfold County di selatan Norwegia ditemukan dengan menggunakan radar tembus pandang resolusi tinggi.

"Temuan ini sangat menarik karena sepengetahuan kami hanya ada tiga penemuan kapal Viking dalam kondisi baik di Norwegia. Kapal baru ini tentu akan menjadi sangat penting secara historis karena dapat diselidiki dengan semua sarana arkeologi modern," ujar Knut Paasche, Kepala Departemen Arkeologi Digital di NIKU.

Data georadar juga menampakkan lima rumah panjang khas Viking, yang bersama dengan kapal diperkirakan menjadi bagian dari pemakaman besar dan lokasi pemukiman dari Zaman Besi dari sekitar tahun 500 hingga 1000.

Viking adalah bangsa pelaut yang terkenal dan ditakuti yang mendominasi lautan Eropa utara antara abad ke-8 dan ke-11. Mereka menguburkan raja-raja dan para pemimpin mereka di atas kapal yang kemudian dikubur di bawah gundukan tanah.

"Penguburan kapal tidak terisolasi, tetapi merupakan bagian dari pemakaman yang jelas dirancang untuk menampilkan kekuatan dan pengaruh," tutur arkeolog Lars Gustavsen, pemimpin proyek dari NIKU.

Terlindungi dengan baik

Paasche mengatakan kapal itu ditemukan terkubur sekitar 50 sentimeter di bawah permukaan tanah di gundukan pemakaman. Data digital menunjukkan bahwa bagian bawah kapal terawetkan dengan baik dan tim arkeolog berencana untuk menyelidiki situs sekitarnya sebelum menggali kapal itu.

"Kami yakin ada kapal di sana, tetapi berapa banyak yang terawetkan sulit untuk dikatakan sebelum dilakukan penyelidikan lebih lanjut," tambah Morten Hanisch, seorang konservator di Ostfold.

Kapal Viking yang pernah ditemukan dan paling terkenal adalah kapal Oseberg yang ditemukan pada tahun 1903. Saat ini kapal itu dipamerkan di museum dekat Oslo dengan dua kapal lainnya. Kapal Oseberg memiliki panjang 21 meter, sedangkan dua kapal lainnya, Gokstad dan Tune, masing-masing berukuran 23 dan 19 meter.

vlz/hp (dpa, afp)




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed