DetikNews
Senin 24 September 2018, 11:27 WIB

Wirtschaftsinformatik, Jurusan Banyak Dinanti Perusahaan Jerman

DW (Soft News) - detikNews
Wirtschaftsinformatik, Jurusan Banyak Dinanti Perusahaan Jerman Meski tugas kuliah bertumpuk, tetapi hasilnya sepadan dan bisa dinikmati setelah lulus nanti, kata Shelly. (DW)
Berlin - Seperti apa kuliah di jurusan Wirtschaftsinformatik yang menggabungkan disiplin ilmu komputer, manajemen dan ekonomi. Dalam perbincangan dengan mahasiswa Indonesia, Shelly Nurul Farhani, DW hadirkan ceritanya.

Jurusan Wirtschaftsinformatik, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Business Information System, memang jurusan yang belum begitu lama ditawarkan di Jerman, kira-kira baru ada pada dekade lalu.

Seperti apa kira-kira gambaran umum berkuliah di jurusan ini dan bagaimana prospek para alumni untuk dapat terserap bekerja di perusahaan-perusahaan di Jerman. DW Kampus kali ini menghadirkan percakapan dengan dara kelahiran Sukabumi, Jawa Barat, tahun 1995 ini.

Hallo Shelly, coba ceritakan secara singkat mengenai jurusanmu dan apa saja yang dipelajari?

Jadi ini adalah jurusan gabungan antara informatika dan bisnis. Di sini kita belajar juga coding, pembukuan, dan ekonomi. Dan jurusan ini adanya belum lama karena itu lulusannya juga belum banyak, jadi kalau lulus dari sini biasanya perusahaan yang nyari kita bukan kita yang nyari perusahaan. Di jurusan ini bidang kerjanya lebih luas karena kita bisa pilih mau lebih mendalami jurusan komputer atau informatika atau lebih mendalami ke bidang bisnis. Ketika semester lima ada penjurusannya kita juga bisa pilih mau lebih mendalami bidang apa.

Bagaimana awalnya bisa tahu mengenai jurusan tersebut?
Awalnya aku dapat informasi mengenai jurusan ini dari guru aku di Studienkolleg. Dulu itu karena aku masuk di W-Kurs atau kursus tentang ekonomi. Nah, salah satu guru waktu itu bilang kalau dari jurusan itu kita bisa daftar Wirtschaftsinformatik itu gabungan antara informatika dan ekonomi. Setelah aku baca-baca dan pelajari tentang jurusannya dan prospek kerjanya, barulah aku daftar. Kalau di sini aku kuliah di Hochschule Bonn-Rhein-Sieg. Karena ini adalah Hochschule dan bukan universitas, jadi di sini lebih banyak ilmu terapan dibandingkan ilmu teori.

Suka dukanya kuliah jurusan di jurusan Wirtschaftsinformatik?
Sukanya karena untuk prospek kerjanya di Jerman masih banyak banget dicari orang-orang lulusan Wirtschaftsinformatik. Jadi bisa dibilang setelah lulus itu bukan kita yang mencari pekerjaan tetapi pekerjaan yang mencari kita. Gaji lulusannya juga bagus. Kalau dukanya ya itu kuliahnya susah, kita harus benar-benar tekun, tidak bisa berleha-leha.

Bagaimana interaksi antara dosen dan mahasiswa di jurusan ini?
Kuliah di sini harus mahasiswanya yang aktif. Kalau mahasiswa butuh dia yang harus datang ke dosen. Kita yang harus aktif bertanya, bikin janji dan semacamnya. Karena dosen di sini berpikir ya sudah itu (kuliah) urusan kamu. Untuk masalah ujian juga terserah mahasiswa apakah mau ikut ujian atau tidak, jadi lebih bebas.

Apa tugasnya banyak?
Tugas kuliahnya banyak sekali. Mulai dari buat coding, buat makalah sampai presentasi. Tugas yang paling sulit itu buatku ya coding, soalnya 'kan banyak dan butuh waktu lama. Terus kita juga harus memastikan tidak ada yang salah. Jadi harus benar-benar benar hahaha. Karena kalau salah nama atau salah koma tidak akan bisa bekerja coding-nya, lalu kalau diunggah juga jadinya gagal. Harus ulang lagi. Itu yang paling susah. Misalnya dalam satu minggu kita harus selesaikan tiga coding, kalau sudah merasa familiar dengan tugasnya bisa selesai dalam waktu 45 menit. Tapi kalau sama sekali belum familiar kita harus tanya orang, cari-cari juga di Google. Ini 'nih yang bisa habiskan waktu tiga jam untuk satu coding bahkan bisa seharian.

Dari mana mendapatkan buku dan materi pembelajaran lainnya?
Kalau di sini, buku-buku kita tidak usah beli. Tinggal pinjam saja semua di perpustakaan kampus, sudah ada dan lengkap semua. Materi kuliah juga dari dosen lengkap karena dikirimi langsung lewat email kampus (setiap mahasiswa memiliki email kampus). Jadi sama sekali kuliah selama ini tidak pernah beli buku karena di sini semua ada, lengkap dan gratis.

Apa yang harus dipersiapkan oleh calon mahasiswa sebelum mengambil kuliah Wirtschaftsinformatik?
Jadi buat teman-teman yang tertarik masuk jurusan ini, walaupun di jurusanku semuanya diajari dari dasar sekali tapi dosen akan mengajar dengan sangat cepat. Maka lebih baik sebelum mulai awal perkuliahan belajar dasar-dasar coding dulu yang benar. Selain itu matematikanya juga harus dilancari lagi karena di sini lebih susah. Kalau untuk yang kuliah ekonominya masih bisa 'lah aku ikuti. Lalu, kuliahnya juga dalam bahasa Jerman, jadi harus benar-benar dipersiapkan dan dilancarkan lagi karena di sini belum ada kuliah bahasa Inggris buat jurusan Wirtschaftsinformatik.
ae/ts

*Simak serial khusus #DWKampus mengenai warga Indonesia yang menuntut ilmu di Jerman dan Eropa di kanal YouTube DW Indonesia. Kisah putra-putri bangsa di perantauan kami hadirkan untuk menginspirasi Anda.




Tonton juga 'Aksi Band Metal Solo Manggung di Jerman Pakai Batik dan Gamelan':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed