DetikNews
Senin 24 September 2018, 10:46 WIB

Indonesia Membidik Pasar Kereta Api Global di Jerman

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Indonesia Membidik Pasar Kereta Api Global di Jerman
Berlin - Akankah produksi perkeretaapian Indonesia segera memasuki pasar Eropa dan Amerika Serikat? Setidaknya tiga BUMN mulai menjajaki kerjasama itu dalam pameran teknologi transportasi, InnoTrans 2018, Berlin, Jerman.

PT INKA, PT LEN, dan PT Kereta Api Indonesia adalah tiga perusahaan nasional yang menjalin kerja sama di sektor perkeretaapian dengan tiga perusahaan asing saat InnoTrans 2018 digelar di Messe Berlin, Jerman (20/09). Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarmo, Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman, Arif Havas Oegroseno, dan Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Aulia Rahman hadir dalam penandatanganan kerja sama strategis tersebut.

"Penandatanganan kemitraan strategis oleh ketiga industri strategis nasional tersebut merefleksikan pentingnya kerja sama antara BUMN dengan perusahaan asing untuk mensuplai komponen dan inovasi teknologi perkeretaapian nasional kepada pasar regional", ujar Duta Besar Indonesia untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno.

PT INKA menjalin kesepakatan dengan SKODA Transport, salah satu perusahaan automotif dan transportasi terbesar di Eropa yang berasal dari Ceko. Kolaborasi di antara ke dua pelaku industri ini mencakup kerja sama alih teknologi pada traction motor dan propulsi.

PT LEN Industri (Persero) yang turut terlibat dalam pembangunan skytrain Bandara Soekarno-Hatta, menjalin kerjasama dengan ALTPRO, perusahaan asal Kroasia. Kedua perusahaan telah menjalin kerja sama sejak 2010 dalam pasar dalam negeri, namun kali ini diperluas ke level internasional dengan menyepakati kerja sama dalam bidang pengembangan produk dan sertifikasi serta saling memasok komponen maupun teknologi perkeretaapian.

PT Kereta Api Indonesia dan perusahaan di bidang lokomotif asal Amerika Serikat, Progress Rail akan memulai kerjasama untuk modernisasi lokomotif serta menyediakan teknologi demi meningkatkan keamanan dan efisiensi perkeretaapian.

Tawaran Indonesia di Innotrans 2018

Innotrans adalah pameran skala internasional yang menampilkan inovasi teknologi dan komponen di bidang transportasi darat, khususnya perkeretaapian. Lebih dari 140.000 pengunjung yang mewakili perusahaan transportasi dari berbagai negara melihat potensi kerja sama pada sekitar 2.900 pameran.

Dari Indonesia, salah satu yang ditampilkan adalah produk dan sistem perkeretaapian dari PT LEN industri. Proyek yang ditampilkan adalah Indonesia Railway Development Company (IRDC) yang menawarkan kerja sama dalam pengembangan sistem perkeretaapian seperti misalnya: interlocking system, centralized traffic control system, light rail transport dan commuter line. Pangsa pasar yang dibidik dalam proyek ini adalah Afrika, Amerika Latin, Timur Tengah dan Asia.

Baca juga:

Produk Suku Cadang Otomotif Indonesia Tembus Pasar Eropa

Kereta Hidrogen Pertama di Dunia Meluncur di Jerman




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed