DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 18:06 WIB

Orang Jerman Lebih Khawatir pada Trump daripada Putin

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Orang Jerman Lebih Khawatir pada Trump daripada Putin Donald Trump dan Vladimir Putin (Getty Images/AFP)
Berlin - Meski menjadi sekutu utama mereka, kebanyakan orang Jerman berpikir bahwa Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, lebih berbahaya dibandingkan rekannya dari Rusia, Vladimir Putin.

Sebanyak 64 persen responden menganggap Trump sebagai ancaman serius terhadap keamanan dunia, menurut sebuah jajak pendapat dari lembaga survei online internasional yang bermarkas di Inggris, YouGov, dan dipublikasikan pada malam pertemuan Trump dan Putin di Helsinki, Finlandia.

Rasa antipati warga Jerman terhadap Trump tidak hanya sampai di situ. Sebanyak 56 persen mengatakan Putin lebih berkompeten daripada Trump, dan hanya 5 persen lebih memilih Trump.

Tiga puluh enam persen orang Jerman mengatakan Putin lebih mudah disukai dibandingkan dengan Trump dan hanya enam persen mengatakan sebaliknya. Lebih lanjut, 44 persen responden juga mengatakan kalau Putin lebih berkuasa dan hanya 29 persen yang berpendapat sebaliknya.

Kaum konservatif di Jerman juga tidak menyukai Trump. Orang-orang yang memilih Kanselir Angela Merkel dari partai konservatif CDU juga beranggapan Putin lebih menyenangkan, kompeten dan kuat daripada presiden AS.

Jajak pendapat baru yang dilakukan oleh Institut Riset Emnid untuk koran Bild menunjukkan warga Jerman juga tidak terlalu peduli dengan peningkatan migrasi ke Eropa. Hanya 38 persen yang mengatakan mereka memprioritaskan "membatasi imigrasi."

Yang mengkhawatirkan kebanyakan orang Jerman adalah menjadi miskin di usia tua, mempertahankan kesempatan pendidikan yang setara untuk semua dan meningkatkan sistem perawatan kesehatan.

Jefferson Chase (ae/ap)


Tonton juga video: 'Trump Kini Akui Intervensi Rusia di Pilpres 2016'




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed