DetikNews
Kamis 05 Juli 2018, 17:16 WIB

Dengan Cara Ini, Tekanan Darah Tinggi Bisa Dihindari

DW (Soft News) - detikNews
Dengan Cara Ini, Tekanan Darah Tinggi Bisa Dihindari Foto: DW
Jakarta - Berat badan naik, rutin minum minuman beralkohol dan hampir tidak pernah bergerak. Jangan heran jika tekanan darah meningkat. Lakukan sesuatu, segera!

Bila tekanan darah naik, hal pertama mesti dihindari adalah garam, karena ini bisa menyebabkan tingginya tekanan darah. Mengapa?

Beberapa ilmuwan menemukan bahwa garam menyebabkan terbentuknya struktur tertentu di otot-otot pembuluh darah, yang menyebabkan sel otot berkontraksi. Ini akan menciptakan resistensi di dalam pembuluh dan meningkatkan tekanan darah. Coba kurangi dan ganti garam dengan bumbu dan rempah, rasanya sama enaknya.

Ayo menjauh dari sofa

Kebanyakan orang merasa sudah cukup sehat lalu malas bergerak. Ini dia kesalahannya. Menggerakkan badan itu baik sekali, terutama bagi yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

Tentu saja semua dampak positif olahraga tidak akan terjadi dalam semalam. Sabar adalah kunci, lebih bagus lagi jika disertai ambisi.

Olahraga paling baik dilakukan sebanyak tiga sampai empat kali per minggu dengan durasi 30 hingga 45 menit. Aktivitas ini membantu mengurangi kelebihan berat badan, dan para dokter serta ilmuwan setuju bahwa berat berlebih bisa menaikkan tekanan darah dan risikonya berbahaya.

Ini bukan main-main, karena tekanan darah tinggi biasanya diikuti beberapa penyakit lain seperti gangguan jantung, risiko terkena serangan jantung dan stroke pun meningkat.

Semua alasan ini cukup untuk memulai gerakan ringan seperti berjalan kaki, berenang atau naik sepeda, yang penting semua dilakukan dengan teratur.

Selain itu, usahakan jangan terlalu sering marah, lebih baik bersenang-senang misalnya dengan bermain tenis. Itu bagus sekali untuk kesehatan jiwa.

Pilih racunmu dengan bijak

Minum segelas anggur atau bir memang boleh, tapi jangan terlalu banyak! Sama juga dengan konsumsi gula, kafein dan nikotin. Semua itu adalah racun bagi tubuh dan bisa berpengaruh buruk terhadap tekanan darah.

Selain itu, yang juga termasuk kategori tabu adalah makanan siap saji, makanan dengan lemak berlebih, dan kentang goreng dengan saus tomat, mayonaise, juga keripik.

Dan seperti yang juga sudah diketahui publik, buah-buahan dan sayur adalah makanan yang baik.

Ganti kudapan coklat dengan potongan wortel segar, memakan apel atau pir daripada kue-kue manis. Tepung soba, bit merah dan semangka juga sangat sehat.

Kalau makanan di atas terdengar kurang enak, beri kesempatan bagi diri sendiri untuk memakan makanan khas mediterania.

Masakan dari wilayah ini kaya akan bawang putih yang sangat baik untuk pembuluh darah.

Catat Semua

Bila perlu, belilah alat mengukur tekanan darah dan buku untuk mencatatnya di apotek terdekat. Dengan alat ini, tekanan darah bisa diukur setiap hari pada waktu yang sama untuk kemudian dicatat. Baik juga untuk mencatat asupan makanan dan minuman harian serta olahraga yang telah dilakukan.

Hal-hal baik butuh waktu cukup lama untuk bisa terjadi, tapi hasilnya sepadan! Maka mulailah dari sekarang!

ae




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed