DetikNews
Jumat 29 Juni 2018, 09:11 WIB

Untuk Lindungi Pohon, Kota Dsseldorf Tolak Konser Ed Sheeran

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Untuk Lindungi Pohon, Kota Dsseldorf Tolak Konser Ed Sheeran
Berlin - Kota Dsseldorf menolak penebangan 104 pohon untuk rencana konser penyanyi kondang Ed Sheeran. Padahal sekitar 85.000 tiket sudah terjual. Penyelenggara sekarang sibuk mencari lokasi di kota lain.

Dewan kota Dsseldorf menolak ijin untuk konser bintang pop Inggris Ed Sheeran, karena di lokasi yang direncanakan ada 104 pohon yang harus ditebang untuk memungkinkan acara akbar itu.

Padahal lebih sekitar 85.000 tiket telah dan konser seharusnya berlangsung pada 22 dan 23 Juli 2018. Menurut sebuah harian lokal, promotor Ed Sheeran, perusahaan FKP Scorpio menyatakan "terkejut dan kecewaan tanpa batas," atas keputusan itu. Perusahaan itu menerangkan, konser Ed Sheeran sekarang akan digelar di kota Gelsenkirchen.

Keputusan Dewan Kota Dsseldorf disambut para pegiat lingkungan lokal yang menggalang aksi gabungan dengan beberapa partai politik untuk menolak konser tersebut.

Pencarian panjang

Sebelumnya pada Mei lalu, Ed Sheeran sebenarnya dijadwalkan naik panggung di areal bandara Essen-Mulheim, sebelah timur laut Dsseldorf. Tapi di sana, penyelenggara juga mengalami masalah. Sebab di sana ada populasi burung skylarks, spesies yang terancam punah. Selain itu, gambar udara menunjukkan bahwa masih ada 103 titik di areal yang diduga menyimpan sisa-sisa bahan peledak dari Perang Dunia II, sehingga harus dilakukan pemeriksaan rinci sebelum konser digelar.

Penyelenggara kemudian mengalihkan tempat ke lapangan parkir di pusat pameran kota Dsseldorf.Tapi untuk menampung lebih dari 80.000 peserta, perlu penataan areal, termasuk penebangan 104 pohon.

Namun fraksi Partai Hijau di Dewan Kota menolak memberikan ijin dan bersikeras, penebangan 104 pohon untuk satu konser musik adalah "tidak proporsional". Penolakan Partai Hijau diikuti oleh partai konservatif CDU dan Partai Kiri.

Pindah ke Gelsenkirchen

Penolakan ijin konser Ed Sheeran di Dsseldorf dikecam oleh pihak penyelenggara FKP Skorpion sebagai "bermotif politik" dan "berdasarkan informasi salah".

Upaya untuk menyelamatkan konser ini sekarang difokuskan pada kota Gelsenkirchen, meskipun stadion di sana tidak dapat menampung 85.000 orang. Penyelenggara sekarang merencanakan jadwal konser tambahan, sehingga semua pemegang tiket bisa melihat Ed Sheeran.

Penyelenggara juga menyatakan memberi pilihan pada pemegang tiket, apakah mereka ingin datang ke konser di Gelsenkirchen atau membatalkan tiket. Jika membatalkan, pembeli tiket akan mendapat uang mereka kembali.

Jenipher Camino Gonzalez/hp/rn (dw)




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed