DetikNews
Senin 11 Juni 2018, 16:53 WIB

Aksi Unik Polisi Thailand: Tilang Berhadiah Nanas

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Aksi Unik Polisi Thailand: Tilang Berhadiah Nanas
Bangkok - Polisi di Rayong Thailand gelar aksi unik dan simpatik bagi para pelanggar lalu lintas. Setelah diberi surat bukti pelanggaran, setiap pengemudi mendapat hadiah dua buah nanas segar.

Pemicu aksi adalah panen raya nanas di provinsi Rayong di bagian timur Thailand. Petani nanas di sana bangga sekaligus bingung. Di satu sisi bangga karena hasil panen nanas sukses dan berlimpah tahun ini. Di sisi lain, bingung, karena harga anjlok dan nanas nyaris tidak bisa dijual di pasar.

Pejabat provinsi menginstruksikan kantor pelayanan publik untuk membantu petani yang kebingungan dengan produksi berlimpah yang menyeret harga jatuh. Petani kemudian juga membagi-bagi hasil panen nanas itu ke kantor-kantor pelayanan umum. Salah satu instansi yang mendapat hadiah beberapa ton buah nanas adalah kantor polisi Nikhom Pattana di Rayong.

Muncul ide cemerlang dari para perwira Polisi di Nikhom Pattana. Mereka membawa satu pick up penuh nanas pemberian petani ke lokasi razia pelanggaran aturan lalu lintas. Setiap pelanggar lallin, selain diberi surat tanda bukti pelanggaran juga dihadiahi dua butir buah nanas.

Reaksi para pengemudi pelanggar aturan lali yang diberi surat tilang dan kemudian dihadiahi buah Nanas terbukti lebih positif dan bersahabat. Sebelumnya caci maki bahkan sikap kasar sering mewarnai aksi razia dan tilang. Sekarang pengemudi malahan tertawa, saat diberi surat tilang dan hadiah nanas.

as/yf(ebu)




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed