DetikNews
Jumat 13 April 2018, 15:59 WIB

Kanselir Jerman Angela Merkel Tolak Aksi Militer ke Suriah

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Kanselir Jerman Angela Merkel Tolak Aksi Militer ke Suriah
Berlin - Angela Merkel menegaskan bahwa Jerman tidak akan terlibat dalam aksi militer terhadap Suriah. Namun Jerman siap membantu sekutunya menanggapi serangan senjata kimia di Douma.

Kanselir Jerman Angela Merkel hari Kamis (12/4) menegaskan, Jerman "tidak akan berpartisipasi dalam aksi militer" yang mungkin dilaksanakan di Suriah. Tetapi dia menerangkan, Berlin mendukung langkah untuk "mengirim sinyal yang jelas bahwa penggunaan senjata kimia" tidak dapat diterima.

Jika AS, Inggris dan Perancis mengambil tindakan militer, Jerman akan mencari cara nonmiliter untuk membantu, kata Merkel.

Kanselir Jerman juga mengeritik Rusia dan mengatakan, Moskow memblokir penyelidikan penuh Organisasi Pelarangan Senjata Kimia OPCW dalam melakukan investigasi dan langkah itu "tidak memberikan cahaya positif bagi Rusia."

Komunikasi Trans-Atlantik

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas menyatakan, baik Perancis maupun AS belum meminta bantuan Jerman di Suriah.

Koordinator pemerintah Jerman untuk hubungan trans-Atlantik, Peter Beyer mengatakan kepada DW bahwa gaya komunikasi kepresidenan Trump yang tidak biasa menimbulkan "tantangan baru" bagi Jerman.

"Di satu sisi, Amerika Serikat tetap menjadi mitra terpenting Jerman dan Eropa secara keseluruhan dalam skala global," kata Beyer. "Di sisi lain, kami melihat sebuah perkembangan yang mengkhawatirkan, yaitu perubahan cara berkomunikasi dibandingkan dengan sebelumnya. Jadi kami menghadapi tantangan baru."

Gedung Putih mundur selangkah dari serangan militer

Presiden AS Donald Trump hari Kamis melangkah mundur dari opsi aksi militer yang disebarkannya sehari sebelumnya. Trump sekarang mengatakan bahwa "semua opsi ada di atas meja" dan belum ada keputusan yang diambil.

"Tidak pernah saya katakan bahwa serangan terhadap Suriah akan segera terjadi," kata Trump. "Bisa segera, atau bisa juga tidak secepat itu!"

Sebagian besar partai politik dan politisi di Jerman menyatakan menentang intervensi militer di Suriah besar. Pejabat urusan luar negeri Sosialemokrat SPD Ralf Stegner hari kamis menyebarkan Tweet dari calon presiden kubu Demokrat di AS Bernie Sanders, yang mengatakan, bukan Donald Trump melainkan Kongres AS yang harus memutuskan,jika negara itu akan berperang.

hp/as (dw, dpa, rtr)




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed