DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 17:54 WIB

Angela Merkel Resmi Terpilih Sebagai Kanselir Jerman

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Angela Merkel Resmi Terpilih Sebagai Kanselir Jerman Angela Merkel (Foto: Getty Images/AFP)
Berlin - Parlemen Jerman telah mengkonfirmasi Angela Merkel sebagai kepala pemerintahan. Merkel akan memerintah dalam sebuah koalisi besar dengan Partai SPD. Hasil pemungutan suara jauh lebih ketat dari perkiraan semula.

Terpilihnya Angela Merkel oleh parlemen Jerman, Bundestag mengakhiri masa penantian selama 171 hari setelah pemilihan umum Jerman 24 September 2017. Merkel dipilih oleh perwakilan dari CDU-CSU dan mitra koalisinya Partai Sosial Demokrat (SPD).

Secara keseluruhan, 364 anggota Bundestag memilih Merkel, sementara 315 menentangnya. Ada sembilan yang abstain, dan 21 anggota parlemen tidak hadir atau tidak memberikan surat suara yang sah. Itu bukan dukungan yang kuat mengingat koalisi besar bisa menyumbang 399 suara di Bundestag.

Partai Merkel memenangkan pemilihan bulan September dengan 33 persen suara, sementara 20,5 persen. Hasil ini berkurang drastis dari pemilu tahun 2013- Ini antara lain karena bangkitnya partai sayap kanan AfD yang memperoleh 12,6 persen suara.

Upaya pertama Merkel untuk membentuk koalisi, dengan parta FPD dan Hijau gagal. Tapi dia berhasil melakukan kesepakatan dengan Sosial Demokrat setelah berminggu-minggu negosiasi hingga larut malam dan datangnya penolakan dari banyak pemimpin SPD regional dan sepertiga dari petinggi partai tersebut.

Merkel yang berusia 63 tahun ini akan memulai masa jabatan keempatnya sebagai kanselir Jerman dan yang ketiga sebagai pemimpin koalisi besar.

Jefferson Chase (vlz/yf)




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed