DetikNews
Selasa 13 Februari 2018, 17:46 WIB

Bikin Daftar Ciri-ciri Gay dan Lesbian, Harian Malaysia Dikecam Warganet

DW (Soft News) - detikNews
Bikin Daftar Ciri-ciri Gay dan Lesbian, Harian Malaysia Dikecam Warganet
Kuala Lumpur - Sebuah artikel yang diterbitkan koran berbahasa Melayudi Malaysia tentang bagaimana mengidentifikasi lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) memicu kemarahan di media sosial.

Sebuah surat kabar berbahasa Melayu terbitan Malaysia, Sinar Harian tiba-tiba laris terjual setelah menerbitkan artikel yang memberikan tips berupa daftar cara mengidentifikasi gay atau lesbian.

Daftar tersebut di antaranya menggambarkan pria gay yang bertipe maskulin memiliki kegemaran "mengenakan kemeja ketat untuk memamerkan bentuk perut six pack mereka". Kaum gay menjaga penampilan janggut di wajah dan matanya terbelalak setiap kali melihat pria tampan. Demikian dikutip dari kantor berita Reuters.

Lesbian digambarkan sebagai pembenci laki-laki yang sangat pencemburu dan gemar memeluk dan berpegangan tangan dengan sesama perempuan.

"Saya kenal banyak pemuka agama, saya tahu banyak ustaz, saya mengenal banyak orang yang benar-benar beragama yang mencintai dan merawat janggut panjang ... apakah Anda mencoba mengatakan bahwa mereka gay? " tanya Arwind Kumar, yang membuat video berdurasi empat menit di Facebook untuk mengkritik artikel koran itu.

Baca juga:

Kriminalisasi LGBT Menguat di Tahun Politik

LGBT Mulia di Sisi Allah?

Homfobia merebak di Malaysia

Malaysia tercatat memiliki sejarah homofobia. Di bulan Juni tahun lalu kementerian kesehatan meluncurkan sebuah kontes tentang bagaimana "mencegah" homoseksualitas dan transgenderisme. Meski kontes itu tak berlangsung lama, karena mendapat tekanan dari kelompok LGBT.

Sebuah "cuplikan adegan yang dianggap menggambarkan homoseksualitas" dalam film kartun Walt Disney "Beauty and the Beast" nyaris menyebabkan film itu dilarang untuk ditayangkan di Malaysia pada tahun lalu.

Pada tahun 2015, pengadilan tertinggi Malaysia menguatkan putusan larangan berpakaian silang, di mana perempuan mengenakan pakaian bergaya pria demikian pula sebaliknya.

ap/as(rtr)




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed