Dukungan Freeport pada Tranformasi Ekonomi RI

ADVERTISEMENT

Highlight Breaking News

Dukungan Freeport pada Tranformasi Ekonomi RI

detikTV, dtv - detikNews
Rabu, 16 Nov 2022 11:03 WIB
Jakarta -

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk melaksanakan program hilirisasi pada sektor pertambangan. Kebijakan ini diyakini akan mengangkat kekuatan ekonomi Indonesia melalui pendapatan negara bukan pajak (PNBP), deviden, serta pajak ekspor. Hal ini merupakan satu dari tiga strategi besar Jokowi dalam menjawab tantangan ekonomi global

Hal ini pun di ditanggapi serius oleh PT. Freeport Indonesia (PTFI). Dalam wawancara bersama detikcom, Chairman of The Board and CEO Freeport-McMoRan Copper, Richard C. Adkerson menjelaskan bahwa dimulainya pembangunan smelter di Gresik merupakan langkah besar guna mendukung kebijakan pemerintah Indonesia. Dengan selesainya proyek ini, diharapkan PTFI dapat meningkatkan nilai lebih bahan tambang siap ekspor.

"Di 2018, kita mencapai kesepakatan dengan pemerintah setelah beberapa tahun bernegosiasi dan berdiskusi. Salah satu inti negosiasi itu adalah komitmen PTFI untuk membangun pabrik peleburan tersebut dan itu telah konsisten dengan arahan pemerintah terkait hilirisasi. Jadi kita telah berkomitmen, itu adalah komitmen yang kuat, dan dengan sepenuh niat untuk mewujudkannya," Kata Adkerson di sela-sela acara KTT B20 di Nusa Dua Bali, Selasa (15/11).

Lebih lanjut, Adkerson menjelaskan bahwa pembangunan smelter merupakan cara yang sesuai bagi Indonesia dalam menjalankan kebijakan hilirisasi di sektor pertambangan. Ia mengatakan bahwa negara ini memerlukan banyak smelter untuk berbagai jenis hasil mineral yang dikeruk dari wilayah Indonesia.

Ia meyakini bahwa pembangunan smelter secara tidak langsung akan mendorong kekuatan ekonomi Indonesia. Sebab, dengan adanya proyek ini akan menyerap banyak tenaga kerja serta meningkatkan nilai ekspor tambang mineral yang mereka produksi.

"Ini adalah proyek besar, lebih dari 3 miliar dollar AS, dan akan menjadi peleburan tembaga jalur tunggal terbesar di dunia," ungkap Adkerson.

Terkait hal ini, Adkerson menekankan bahwa PTFI merupakan perusahaan milik Indonesia. Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa pihaknya akan mendukung secara penuh kebijakan pemerintah untuk melaksanakan hilirasi pada sektor pertambangan. Tidak hanya itu, Adkerson juga mengatakan bahwa PTFI telah menyerap tenaga kerja asal Papua untuk mengisi berbagai lini termasuk level manajemen.

"Freeport-McMoRan membawa teknologi terdepan global, kita menambah pekerja Indonesia, 98 persen pekerja kita adalah orang Indonesia, lebih dari 40 persen orang Papua, dan di tingkat otoritas manajemen yang telah berganti sejak tahun sebelumnya, jadi kita punya kerja sama yang hebat, saling bekerja dengan baik sejak 1998, dan saya yakin kita akan terus seperti itu, dan membantu Indonesia memanfaatkan peluang yang dimiliki negara ini kini," pungkasnya.

(nla/nla)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT