Video Penggerebekan Markas Komplotan Hacker Nasabah Bank di Lampung

ADVERTISEMENT

Video 20Detik

Video Penggerebekan Markas Komplotan Hacker Nasabah Bank di Lampung

detikTV, dtv - detikNews
Sabtu, 12 Nov 2022 13:08 WIB
Jakarta -

Polres Tulang Bawang bersama Polsek Rawa Jitu Selatan menggerebek markas komplotan hacker spesialis nasabah bank di Lampung, pada Selasa (8/11). Sebanyak 12 pelaku berhasil ditangkap.

"Para pelaku ditangkap di sebuah rumah yang ada di Kecamatan Rawa Jitu Selatan," ujar Kapolres Tulang Bawang, AKBP Hujra Soumena dalam keterangan videonya kepada Detikcom, Sabtu (12/11/2022).

Dia menjelaskan, modus operandi yang dilakukan oleh komplotan kejahatan hacking ini adalah dengan menghubungi secara acak nomor HP korban melalui aplikasi WhatsApp (WA). Lalu para pelaku, kata Hujra mengirimkan link situs palsu salah satu aplikasi bank kepada korbannya.

"Apabila nasabah atau korban mengklik sesuai permintaan tersangka kemudian memberikan identitas pribadi, username, password, nomor rekening, maka sudah diiastikan identitas pribadi data-data tersebut akan disalahgunakan para tersangka untuk menguras saldo korban" jelasnya.

Setelah mengisi aplikasi palsu itu, para pelaku akan leluasa menggunakan akun milik korban dan segera memindahkan uang yang ada di dalam rekening korban dengan cara transfer ke rekening yang telah disiapkan.

Dari tangan para pelaku, petugasnya berhasil menyita barang bukti (BB) berupa 19 unit handphone (HP), 55 buah sim card, kotak HP, tas, uang tunai sebanyak Rp 60 Juta, dan 80 gram emas.

"Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh warga masyarakat, agar jangan mudah percaya dengan nomor asing yang menghubungi, lalu menawarkan kemudahan bertransaksi, dan meminta data pribadi atau pun nomor yang tertera di kartu ATM," imbuhnya.

(/)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT