MPR Siapkan Paripurna Pokok-pokok Haluan Negara

ADVERTISEMENT

Detik-detik Pemilu 2024

MPR Siapkan Paripurna Pokok-pokok Haluan Negara

detikTV, dtv - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 10:26 WIB
Jakarta -

Pokok Pokok Haluan Negara (PPHN) dikhawatirkan membuka kotak pandora wacana penundaan pemilu atau perubahan masa jabatan presiden. Ketua MPR Bambang Soesatyo buka-bukaan PPHN akan segera masuk rapat paripurna. Seperti apa pembahasan akhirnya?

Rapat paripurna MPR RI terkait PPHN akan digelar dalam waktu dekat. Dalam wawancara khusus detik-detik Pemilu 2024 di detikcom, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengungkap banyak hal.

"Sebenarnya saya juga heran kalau masih ada hari gini ada pihak-pihak yang masih mempertanyakan, meragukan, bahkan menolak hadirnya PPHN," ungkapnya dalam wawancara khusus detik-detik Pemilu 2024 yang tayang di detikcom, Senin (5/9/2022).

Menurut Bamsoet, PPHN merupakan payung hukum untuk pembangunan berkelanjutan. Di era kepemimpinan Soekarno, PPHN dikenal dengan sebutan Pola Pembangunan Semesta Berencana. Tujuannya adalah agar pembangunan tidak berubah-ubah setiap periode kepemimpinan.

Pada era kepemimpinan Soeharto, PPHN dikenal dengan sebutan GBHN atau Garis Garis Besar Haluan Negara. Meski sekilas berbeda tapi produk konvensi ketatanegaraan ini berfungsi menjaga pembangunan berkelanjutan.

"Karena kalau tidak, siapa yang bisa menjamin IKN (Ibu Kota Nusantara) yang telah kita sepakati bersama dan menyedot biaya besar itu bisa selesai tuntas," kata Bamsoet. Pasalnya, penuntasan pembangunan IKN ini diperkirakan perlu melewati beberapa periode kepemimpinan.

(/)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT