Video 20Detik

Gelombang Protes ke Arteria Dahlan Gegara 'Kajati Bicara Sunda'

detikTV, dtv - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 05:31 WIB
Jakarta -

Ucapan Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP Arteria Dahlan saat rapat dengan Jaksa Agung, Senin (17/1) lalu tuai kontroversi. Arteria saat itu menyinggung ada Kejaksaan Tinggi berbicara bahasa Sunda saat rapat kerja.

"Ada kritik sedikit Pak JA, ada Kajati yang dalam rapat dan dalam raker itu ngomong pakai bahasa Sunda, ganti Pak itu, kita ini Indonesia pak, jadi orang takut kalau ngomong pakai bahasa Sunda nanti orang takut ngomong apa dan sebagainya, kami mohon sekali yang seperti ini dilakukan penindakan tegas," kata Arteria.

Hal itu kemudian memicu protes dari masyarakat. Tak terkecuali Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang menyesalkan hal itu dan meminta Arteria untuk minta maaf.

"Jadi saya menyesalkan statemen dari Pak Arteria Dahlan. Masalah bahasa yang sudah ada ratusan tahun, ribuan tahun menjadi kekayaan nusantara ini, kalau tidak nyaman disampaikan, sesederhana itu.Jadi saya mengimbau Arteria Dahlan sebaiknya meminta maaf," kata Kang Emil.

Kegeraman warga juga terpampang pada baliho bertuliskan 'Arteria Dahlan Musuh Orang Sunda' di sekitar Gedung Sate, Bandung. Arteria kemudian menanggapi gelombang protes tersebut.

"Kalau saya salah kan jelas mekanismenya ada MKD, apakah pernyataan salah. Kita ini demokrasi, silakan kalau kurang berkenan dengan pernyataan saya silakan saja (laporkan)," kata politisi PDIP itu.

(/)