Video 20Detik

Ini Video Heboh Sumur Resapan yang Dinarasikan Rp 80 Juta Per Unit

detikTV, Nugroho Tri Laksono - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 16:20 WIB
Jakarta -

Beredar di media sosial, harga sumur resapan yang dibikin oleh Pemrov DKI disebut-sebut mencapai Rp 80 juta per unit. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan narasi itu salah.

Dari video yang beredar, terlihat sumur resapan yang rusak dan tergenang. Lokasinya ada di sebelah got.

"Proyek 80 juta per sumur resapan. Hasilnya kayak gini, tentang jawabnya gimana Pak Gubernur DKI? Uang rakyat ini," cuit akun twitter @Flamboyan57 seperti yang dilihat, Kamis (9/12/2021).

Kepala Dinas Sumber Daya Air Yusmada Faisal menanggapi laporan viral tersebut. Dia membantah kebenaran narasi viral bahwa pembangunan satu sumur resapan membutuhkan biaya Rp 80 juta.

"Rp 80 juta bagaimana? Cek saja harganya. Ada yang Rp 13 juta, ada yang di bawah itu juga. Yang jelas, ada harga di masing-masing kontraknya. Ya jelas salah kalau Rp 80 juta itu," kata Yusmada.

Dia sendiri belum mendapatkan kepastian di mana lokasi sumur resapan rusak nan misterius itu. Namun yang pasti, warga dapat melaporkan kerusakan sumur resapan ke Dinas Sumber Daya Air dan kontraktor yang mengerjakan sumur resapan.

"Tentang konstruksi, sebaiknya sampaikan kepada perusahaannya, atau ke Dinas SDA. Itu kan proyek sedang berlangsung," kata Yusmada.

Hingga saat ini, laporan mengenai keluhan terhadap sumur resapan banyak datang dari Jakarta Selatan. Misalnya, sumur resapan di Jl Lebak Bulus III, Jl Karang Tengah, Jl Agraria, Jl Intan, dan juga Jl Bona Indah. Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan, Mustajab, juga masih mencari tahu di mana gerangan sumur resapan rusak seperti yang viral itu.

(/)