Video 20Detik

Pria di Kursi Roda Ditembak Polisi AS 9 Peluru

detikTV, dtv - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 12:51 WIB
Jakarta -

Richard Lee Richards, 61 tahun, pria di kursi roda ditembak 9 kali setelah ada laporan dia melakukan pencuria di toko pada Senin (29/11) malam. Polisi penembak, Ryan Remington, langsung dipecat karena dinilai bertindak berlebihan.

Peristiwa ini bermula saat Departemen Polisi Tucson mendapatkan laporan ada pencurian kotak peralatan di Walmart. Karyawan toko melaporkan pelaku pencurian seorang pria di kursi roda bermotor. Petugas merespons dengan segera mendatangi Pusat Perbelanjaan Midvale Park.

Remington yang ditugaskan langsung bertindak bersama pegawai toko mengikuti pria itu keluar, meminta tanda terima sebagai bukti pembayaran. Richards dilaporkan sempat menyampaikan bahwa iya memiliki kwitansi, namun mengeluarkan pisau.

Dia lantas bergerak pergi ke arah toko, Remington disebut memerintahkan Richards untuk menjatuhkan pisau dan berhenti. Namun Richards mengabaikan perintah itu dan akhirnya ditembak 9 kali.

"Dia (Remington) berpikir tindakan itu tepat saat dia menggunakannya (senjata), dan dia masih merasa yakin," ungkap Mike Storye, selaku pengacara asosiasi Kepolisian Tucson. Kasus ini, sedang dalam peninjauan Kantor Kejaksaan setempat.

Namun, Kepala Polisi Tucson Chris Magnus merasa sangat terganggu oleh tindakan Remington dan langsung memecatnya. Tindakan menembak yang dilakukan Remington dinilai sebagai penggunaan kekuatan yang berlebihan.

"Penggunaan kekuatan mematikannya dalam insiden ini jelas merupakan pelanggaran kebijakan departemen dan secara langsung bertentangan dengan berbagai aspek penggunaan kekuatan dan pelatihan kami," kata Magnus.

(isf/isf)