Video 20Detik

Tanda Tanda soal Objek Asing yang Terbang di Langit Bandung

detikTV - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 07:07 WIB
Bandung -

Objek asing muncul di langit Bandung, Jawa Barat, terekam kamera pekerja bangunan, Kamis (29/7/2021) sekitar pukul 08.30 WIB. BMKG dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melakukan analisis.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu menyatakan, pada saat kejadian, langit dalam kondisi cerah berawan dan kecepatan angin 6 kilometer per jam. Tidak terpantau adanya awan hujan (Cb).

"Dapat disimpulkan bahwa yang terlihat oleh masyarakat di langit dari wilayah Pasirkaliki Kota Bandung, bukan merupakan fenomena meteorologis," jelas Teguh Rahayu.

Sementara LAPAN menilai benda tersebut bukan objek antariksa. Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin menjelaskan, ""Dari video yang sekilas itu konfigurasinya berubah. Starlink, itu konfigurasinya tetap dan saya kira tidak sebanyak itu. Starlink juga satelit yang diluncurkan spaceX itu kan biasanya teramati sesudah matahari terbenam dan sebelum matahari terbit. Jadi itu bukan benda antariksa."

"Jadi kemungkinan seperti objek balon yang dilepas. Kumpulan balon. Perlu dicari apakah ada acara pagi itu," imbuhnya.

Beredar kabar, objek asing di langit Bandung mirip kejadian di Meksiko tahun Juni 2020 lalu. Sejumlah objek kelap-kelip bergerak di langit. Konon benda tersebut sering muncul di Amerika Utara.

(/)