Video 20Detik

Johnny G. Plate: Rumah Digital Jadi Wujud Kecepatan dalam Beradaptasi

detikTV, detikTV - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 22:05 WIB
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mendukung penuh pelaksanaan Rumah Digital Indonesia. Johnny menyebut Rumah Digital Indonesia adalah sebuah gagasan yang cerdas dan wujud dari kecepatan dalam beradaptasi di masa pandemi Covid-19.

"Gagasan Rumah Digital Indonesia ini suatu gagasan yang cerdas. Ini suatu gagasan yang luar biasa. Mengapa? Karena Rumah Digital ini menjadi bagian yang penting di dalam perayaan di bulan kemerdekaan. Ini merupakan wujud dari ketangguhan kita sebagai bangsa dan sebagai negara. Juga merupakan wujud dan kecepatan kita beradaptasi yang memungkinkan keterbatasan yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 ini, tidak menghalangi kita sebagai bangsa dalam penghayatan kita terhadap nilai-nilai nasionalisme, patriotisme kita, dan secara khusus menyediakan ruang untuk memungkinkan kegembiraan bagi masyarakat di dalam menyongsong dan menyambut Hari Kemerdekaan kita yang ke-76," ungkap Johnny dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden hari ini, Jumat (30/7).

Selain itu, gagasan terkait Rumah Digital Indonesia pun disebutnya selaras dan satu tarikan napas dengan program-program Kominfo dalam kaitannya dengan inovasi teknologi.

"Utilisasi platform digital yang diusung dalam Rumah Digital, itu satu tarikan napas dan sama dan objektif dan tugas pokok Kominfo, dengan semangat Kominfo, untuk mendorong inovasi teknologi sebagai bagian dari solusi yang membawa manfaat bagi negari kita, bagi masyarakat, dan bagi bangsa kita," jelas Johnny.

Rumah Digital Indonesia akan bisa diakses mulai 1 Agustus mendatang dan menyediakan ruang literasi digital. Di dalam ruang itu, ada 4 program yang diperkenalkan. Meliputi kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

"Jadi ada program kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan kemanan digital itu akan ada literasi di dalam ruang literasi digital. Dan ini sekaligus dimanfaatkan Hari Kemerdekaan dan mengajak talenta digital kita untuk lebih mampu melakukan adaptasi di dalam ruang digital. Sehingga ruang digital kita bermanfaat," jelas Johnny.

Selain itu, Johnny juga menyampaikan pesan yang kerap disampaikan oleh Presiden Joko Widodo terkait dengan pembangunan infrastruktur digital Indonesia.

"Bapak Presiden itu sudah pesan ulang-ulang. Kita saat ini membangun infrasturktur digital yang begitu luar biasanya di seluruh Tanah Air kita. Baik oleh operator selular, dan oleh Kominfo itu sendiri. Tapi, jangan sampai infrastruktur besar-besaran yang dibangun ini, hilirnya atau ruang digitalnya tidak kita kuasai. Nah, ini perlu kita kuasai melalui ruang literasi digital ini," pungkasnya.

(/)