Video 20Detik

Putri Tanjung: Rumah Digital Jadi Ruang Lomba HUT RI hingga Seni

detikTV, dtv - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 19:46 WIB
Jakarta -

Pemerintah meluncurkan program Rumah Digital Indonesia (RDI). Hal ini dilakukan dalam rangka semangat Bulan Kemerdekaan. Staf Khusus Presiden RI, Putri Tanjung pun memaparkan sejumlah program dalam festival kemerdekaan virtual RDI yang akan berlangsung mulai 1-31 Agustus 2021.

Putri mengungkapkan, dalam Rumah Digital Indonesia nantinya akan ada arena perlombaan. Lomba-lomba yang sebelum masa pandemi dilakukan secara tatap muka, melalui Rumah Digital Indonesia, perlombaan itu akan digelar secara virtual.

"Ada ruang arena perlombaan. Kalau kita bicara 17-an kan erat kaitannya dengan perlombaan. Di sini kita bisa mengikuti perlombaan khas 17-an, seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung, tarik tambang tapi semuanya secara virtual," ujarnya.

Selain itu, kata Putri, Rumah Digital Indonesia menyediakan ruang seni dan budaya. Dia menjelaskan, di ruang ini, warga bisa menyaksikan beragam video kreatif dari masyarakat.

"Mulai dari menyanyi lagu nasional, daerah, tari, puisi, drama, sampai film pendek di sini juga ada. Dinding puisi yang menampilkan puisi-puisi para penyair legendaris Indonesia. Basis utama Rumah Digital Indonesia ini memang hasil karya kreativitas masyarakat. Jadi semuanya bisa berpartisipasi di Rumah Digital Indonesia ini," tutur dia.

Peluncuran Rumah Digital Indonesia (RDI) dilakukan Mensesneg Pratikno, Menkominfo Johnny G Plate, dan Putri Tanjung. Acara dibalut dengan tema 'Bulan Kemerdekaan'. Tahun ini, RI memasuki usia ke-76.

(/)