Video 20Detik

Pratikno: Rumah Digital Indonesia Ajak Semua Masuk Panggung Nasional

detikTV - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 19:02 WIB
Jakarta -

Pandemi Covid-19 tidak menghalangi semangat kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang. Pemerintah meluncurkan Rumah Digital Indonesia (RDI) untuk merayakan Bulan Kemerdekaan.

Peluncuran dilakukan Mensesneg Pratikno, Menkominfo Johnny G Plate, dan Stafsus Presiden Putri Tanjung, Jumat (30/7/2021).

"Rumah digital ini memberikan partisipasi seluruh rakyat Indonesia. Untuk pamer desa wisata, pamer kulinernya, bahkan menjual produk-proldukn lokalnya," kata Pratikno dalam konferensi pers.

Harapannya, produk-produk lokal bisa me-nasional. Melalui Rumah Digital Indonesia, ada yang tadinya hanya terkenal di tingkat kabupaten misalnya. "Jadi ini kesempatan bagi semua masuk ke panggung nasional," jelas Pratikno.

Selain peluncuran Rumah Digital, juga disampaikan rencana perayaan HUT ke-76 RI secara virtual. Upacara, doa kebangsaan, dan beberapa acara kenegaraan digelar secara virtual seperti tahun lalu.

"Yang sama adalah doa kebangsaan. Yang sama lagi adalah acara kenegaraan. Misalnya pengukuhan paskibraka, penganugerahan tanda kehormatan, ada pidato kenegaraan, ada upacara peringatan detik-detik proklamasi, upacara penurunan bendera merah putih dan lain-lain. Itu yang kenegaraan pasti sama setiap tahun. Formatnya bisa berbeda-beda. Format pandemi tentu saja lebih sedikit, prokesnya jauh lebih ketat, kita tidak mengundang banyak secara fisik ke dalam upacara," pungkas Pratikno.

(/)