Video 20Detik

Meteor Besar Jatuh di Norwegia Terekam CCTV

detikTV, 20Detik - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 02:54 WIB
Jakarta -

Sebuah meteor besar jatuh di atas Norwegia bagian selatan. Menurut saksi mata, kilatan cahaya yang kuat dari meteor besar terlihat seperti pesawat yang terbakar.

Dari rekaman CCTV, kilatan cahaya menerangi kawasan Holmestard, di selatan Kota Oslo, sekitar pukul 1 dini hari. Sejauh ini, tidak ada laporan adanya korban atau kerusakan yang disebabkan serpihan meteor tersebut.

Jaringan Meteor Norwegia mengatakan, pihaknya sedang menganalisis data dan rekaman video untuk mengetahui asal dan karakter meteor tersebut. Sementara, dari data awal yang diperoleh,
meteor melaju dengan kecepatan 15-20 km per detik. Kilatan cahaya menerangi langit sekitar lima hingga enam detik.

Para ahli menduga, meteorit menabrak kawasan hutan Finnemarka. Lokasi itu berjarak 60 km ke arah barat Kota Oslo.

Sejumlah saksi mata juga mengaku mendengar suara gemuruh yang diiringi hembusan angin yang lebih kuat. Peristiwa itu juga disebut-sebut menimbulkan gelombang tekanan.

"Apa yang kami alami tadi malam adalah sebuah batu besar yang bergerak kemungkinan dari antara Mars dan Jupiter, yang merupakan sabuk asteroid kami. Dan ketika itu mendesing, itu menciptakan gemuruh, ringan dan kegembiraan besar di antara kita (ahli) dan mungkin beberapa ketakutan di antara yang lain," ujar salah satu anggota Jaringan Meteor Norwegia, Morten Bilet.

(/)