Video 20Detik

Terekam Kamera, Harimau Berkeliaran di Perkebunan Pasaman Barat

detikTV, detikTV - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 15:41 WIB
Pasaman Barat -

Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) muncul beberapa kali di perkebunan sawit Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Sempat terekam kamera karnivora itu mengikuti sebuah mobil. Warga dan pekerja waswas.

BKSDA Sumatera Barat yang mendapatkan laporan itu, menurunkan 2 tim dari Resort Agam dan Resort Pasaman. "Kita datang ke lokasi dan melakukan identifikasi," kata Ade Putra, Kepala BKSDA Agam saat dikonfirmasi Detikcom, Jumat (16/7/2021).

Menurut Ade, dari hasil analisis, hewan buas itu muncul pada Hari Rabu (14/7/2021) dan sudah sering terlihat oleh pekerja perkebunan.

"Menurut keterangan Frenzy Marwan pimpinan perusahaan PT. PMS, dalam sebulan ini satwa harimau sudah terlihat beberapa kali di dalam area perkebunan. Ini cukup mengkhawatirkan para pekerjanya," kata Ade.

BKSDA sudah memasang tiga unit kamera trap di lokasi yang diduga menjadi tempat kemunculan satwa. Hasilnya, salah satu kamera berhasil mendapatkan gambaran visual satwa sedang melintas. Rencananya, jika terperangkap, harimau tersebut akan dievakuasi menjauh dari perkebunan.

(/)