Video 20Detik

Hindari Petugas Imigrasi, TKA China Kabur dan Ngumpet di Semak-semak

detikTV, detikTV - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 19:46 WIB
Sukabumi -

Pekerja WN China berlarian dan ngumpet di semak-semak saat petugas Imigrasi Sukabumi datang ke area tambang emas Kampung Cijiwa, Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Operasi mandiri ini dilakukan atas adanya informasi masyarakat soal adanya kegiatan WNA dari China tersebut.

Total 4 WN China yang diamankan, sementara petugas mendapati 1 WN China lainnya dari area bedeng di kawasan tambang. Petugas sempat meminta mereka menunjukkan dokumen namun mereka hanya menyerahkan paspor.

Setelah itu satu persatu mereka digiring naik ke dalam.kendaraan double cabin dan dipindahkan ke kendaraan lain. Lantas petugas membawa mereka ke Kantor Imigrasi Klas II Non TPI Sukabumi di Kota Sukabumi.

Di Kantor Imigrasi, petugas menceritakan kronologi operasi mandiri tersebut.

"Di lokasi itu didapati dua orang yang diduga akan melarikan diri ke arah atas dua orang lagi ke arah semak-semak sementara satu lagi ke bangunan utama lokasi tersebut. Tim langsung mengamankan meminta dokumen perjalanannya berupa paspor dan didapat empat orang China dan satu orang WNA Malaysia," ungkap Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Kantor Imigrasi Sukabumi Taufan.

(/)