d'Rooftalk

Ungkap Pungli di Tanjung Priok, Polisi: Mereka Lebih Terselubung

detikTV, detikTV - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 07:50 WIB
Jakarta -

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis mengungkapkan perbedaan modus pungli antara yang dulu dengan yang sekarang. Menurutnya, Aksi pungli sekarang dilakukan lebih terselubung dan dilakukan pada malam hari.

"Modus yang dulu bisa kita lihat di video yang viral itu tahun 2017. Itu modusnya menggunakan kantong plastik hitam kemudian ditarik mengunakan tali ke operator crane. Nah yang saat ini plastik hitam di taruh di sudut-sudut kontainer atau sudut-sudut kendaraan crane yang tidak diterangi lampu penerangan. Ada di sudut-sudut gelap, dan Itu sangat-sangat terselubung tempatnya," ujar AKBP Putu dalam program d'Rooftalk detikcom, Rabu (16/6/2021).

Lebih lanjut, Putu menceritakan pihaknya berupaya keras agar bisa mendekat ke lokasi sasaran saat penangkapan pada malam hari. Hasilnya, ada 8 pelaku yang ditangkap.

"Saat ini mereka sedang kita periksa. Selain itu ada modus baru aksi premanisme barusan kita ungkap ada tiga pelaku, merusak atau mencuri penyangga benton yang digunakan untuk melintas truk ekspor impor di pelabuhan Tanjung Priok," paparnya.

Putu mengungkapkan dari penyelidikan para pelaku pungli berhasil mengumpulkan uang hingga jutaan rupiah. Uang itu hasil pungli yang didapat pekerja shift malam.

"Jadi yang kita ungkap mereka ada 8 pelaku mereka bekerja pada shift malam, dan dari mereka kita mendapat Rp 1.280.000 untuk barang buktinya. Itu kami ungkap sejak dini hari dan setelah kami lakukan pengembangan ke atasannya, kami juga dapat bukti uang Rp 600.000. Total dari 8 pelaku kami berhasil sita 1.880.000 untuk shift malam," tutupnya.



Simak Video "Budaya Pungli di Pelabuhan Priok"
[Gambas:Video 20detik]
(edo/hnf)