Video 20Detik

Penampakan UGD Wisma Atlet Ramai, Pasien Sampai Antre

detikTV, dtv - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 12:53 WIB
Jakarta -

Beredar video yang menunjukkan situasi di Wisma Atlet yang kini telah menjadi Rumah sakit Darurat (RSD) Covid-19. Dalam video terekam para pasien menumpuk di salah satu ruangan, menunggu penanganan lanjutan dari petugas medis.

Koordinator Humas RSD Covid-19 Wisma Atlet, Letkol TNI AL M. Arifin membenarkan video yang beredar. Dia mengatakan, video tersebut merekam kondisi ruang UGD Wisma Atlet pada Senin (14/6/ 2021) malam. Saat itu, petugas mengumpulkan pasien-pasien yang dikirim dari sejumlah puskesmas.

"Faktanya memang puskesmas-puskesmas DKI Raya mengirim", ujar Arifin, Selasa (15/6/2021)

Menurut Arifin, pasien yang antre mencapai ratusan orang. Setibanya di RSD Wisma Atlet, mereka didaftar lebih dulu dan harus melewati proses pemeriksaan kondisi kesehatan, sebelum mendapatkan ruang isolasi.

"Yang bergejala harus ditanya dicek, ditensi, kalau tanpa gejala cepat, yang bergejala kan harus dipastikan dia tidak ada keluhan sesak nafas. Proses mendapatkan kamar dan orang yang masuk itu banyak. Jadi antre lah" papar Arifin.

RSD Wisma Atlet telah merilis, tingkat keterisian tempat tidur pasien terus meningkat dalam sepekan terakhir. Saat ini, tingkat keterisian telah mencapai tahap 'merah'.

"(Bed occupancy rate) sudah 75 persen, lampu merah. Kan tempat (tempat tidur) kita 5.900, sekarang sudah 4.500 tinggal 1.400, jadi lampu merah. Sebentar lagi penuh,", kata Arifin

"Jadi sudah kita bagi 3 triase tempat masuk termasuk tower 5, tower 4, tower 6, namun ya seperti itu kondisinya. Hal ini memang disebabkan hulu mengalir ke hilir. Hulu belum bisa dikendalikan sehingga hilir hanya menerima", imbuhnya.

(/)