d'Rooftalk

Kang Emil Akan Bergabung Parpol, Kapan?

detikTV, detikTV - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 15:14 WIB
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) mengaku lebih realistis dengan berkonsentrasi kepada wilayah Jawa Barat meski namanya masuk dalam berbagai hasil survei bursa calon presiden (capres) potensial. RK mengaku hasil survei tersebut hanya dijadikan sebagai bahan kontemplasi dan evaluasi.

Lebih lanjut, RK yang bukan berasal dari partai politik mengaku tengah berikhtiar untuk bergabung dengan salah satu partai politik. Ia mengakui pertemuannya dengan berbagai tokoh partai politik beberapa waktu lalu dilakukan dalam rangka proses ikhtiarnya menjadi kader suatu partai politik.

"Itu juga sedang saya kontemplasikan, ke partai mana tentunya kita komunikasikan. Makanya hari ini saya banyak membangun komunikasi, kemarin kedatangan tamu ada mas AHY, pak Airlangga, sebelumnya ketemu Presiden PKS sekali, kemudian Cak Imin juga, kemudian pak Surya Paloh," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil ini dalam diskusi di program d'Rooftalk: 'Percapresan Dini Menuju 2024' yang disiarkan detikcom, Selasa (8/6/2021).

Kang Emil menyebut dirinya harus tahu diri akan kapasitasnya dan akan berkomunikasi baik dengan semua pihak. Menurutnya, rencana bergabung dengan salah satu partai itu akan terjadi saat menatap periode kedua di jawa barat.

"Saya kira untuk periode kedua pun posisinya sudah berpartai," ujarnya.

Selain itu, RK juga mengaku berbagai hasil analisis dari sejumlah pengamat telah memperkaya perspektifnya dalam berpolitik. Simak pernyataan lengkap Kang Emil dan diskusi soal percapresan dini menuju 2024 dalam video di bawah ini.



Simak Video "Percapresan Dini Menuju 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(hnf/hnf)