Video 20Detik

Heboh Bupati Alor Semprot Staf Menteri Risma soal Bantuan PKH

detikTV, detikTV, dtv - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 12:51 WIB
Jakarta -

Beredar video yang menunjukkan Bupati Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Amon Djobo, memarahi 2 pegawai Kementerian Sosial (Kemensos). Dalam rekaman, Amon menyinggung bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang sebelumnya digulirkan pemerintah

Amon menyoroti pembagian bantuan PKH yang tidak melalui pemerintah daerah (pemda). Sementara, penyaluran PKH di Alor justru melalui DPRD setempat.

"Jangan pakai politik yang seperti itu, dia tidak tahu proses bantuan pola penanganan, teknis penanganan bantuan ini sampai di bawah. Mulutnya lebih cepat dari pikiran, pejabat apa model begitu, menteri model apa model begitu," ucap Amon dalam video berdurasi 3 menit 9 detik itu.

"Memangnya PKH itu DPR yang urus? Besok kamu pulang sudah, besok saya bikin surat ke Presiden, dia pikir dia hebat," tambahnya dengan penuh amarah.

Menurut Amon PKH adalah program pemerintah pusat yang bukan dalam wewenang pihak legislatif. Ia pun menilai penyaluran bantuan PKH oleh legistlatif sama saja tidak menghargai Pemda setempat.

"Kau pikir kita di daerah ini bodoh! DPR mana yang tangani itu?" tanya Amon dengan nada tinggi.

"Itu penanganan di bawah pemerintah kok, bagaimana dia bilang DPR? Menteri bolot itu, masih lebih baik Ibu Khofifah", imbuhnya.

Hingga kini, Amon Djobo belum memberikan tanggapan atas beredarnya video viral tersebut. Bupati yang dalam pilkada sebelumnya didukung oleh PDIP itu bukan kali ini saja menuai kontroversi. Pada November 2020 silam, ia pernah marah dan mengancam akan menembak mati Kasie Log Korem 161 Kupang, Kolonel (Cpl) Imanuel Yoram Dionisius.

(/)