Video 20Detik

Rekaman Gempuran Israel ke Gaza Sesaat Sebelum Gencatan Senjata

detikTV, dtv - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 09:05 WIB
Jakarta -

Israel tetap melancarkan serangan udara di wilayah Jalur Gaza pada Kamis (20/5) malam, tepat sebelum Israel dan Hamas mengumumkan gencatan senjata. Serangan tersebut terekam kamera di Netiv HaAsara, dekat perbatasan Israel-Palestina.

Jet tempur Israel masih membombardir permukiman warga sipil yang diklaim sebagai tempat para milisi Hamas. Belum ada pihak resmi yang merilis data tentang korban dari serangan terakhir.

Beberapa saat kemudian, Israel dengan Hamas menyetujui gencatan senjata. Kesepakatan itu disampaikan langsung Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, usai memimpin rapat Kabinet Keamanan Israel.

Gencatan senjata berlaku mulai Jumat (21/05) pukul 02.00 dini hari, waktu setempat. Kesepakatan kedua belah pihak juga dibenarkan Pejabat Hamas, Osama Hamdan, dalam wawancaranya dengan kantor berita Associated Press.

Pertikaian Israel-Palestina berlangsung selama 11 hari. Konflik tersebut menelan 232 korban jiwa di pihak Palestina, dan 12 orang Israel.

Menurunnya tensi konflik Israel-Palestina bermula dari usulan negara Mesir yang juga disampaikan dalam sidang umum PBB. Usulan itu juga didukung oleh Qatar. Kabinet Israel menyebut gencatan senjata berlaku secara 'mutual' dan tanpa syarat.

(/)