Video 20Detik

Begini Rupa Telur Ayam yang Diduga Palsu di Kediri

detikTV, dtv - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 12:27 WIB
Jakarta -

Beredar video seorang wanita di Kediri, Jawa Timur, yang menunjukkan telur ayam dengan penampakan yang berbeda dari biasanya. Wanita yang bernama Linda tersebut menduga telur itu palsu karena isinya tampak seperti jeli yang membeku.

Kepada tim detikcom, Linda mengaku membeli telur itu dari pedagang kaki lima. Warga Kelurahan Ngadirejo, Kediri, tersebut kemudian menyimpan telur-telur yang dibelinya di lemari pendingin.

"Saya masukkan ke dalam kulkas bagian bawah, bukan freezer", ujar Linda, Senin (17/5/2021)

Lima hari kemudian, linda mengeluarkan telur-telur itu dari kulkas. Namun, Linda terkejut saat melihat isi telur tersebut.

"Setelah lima hari saya pecahkan tidak bisa, keras sekali. Cangkangnya bahkan bisa diiris pakai pisau", kata Linda.

Linda juga menemukan cairan bening keluar dari telur. Cairan itu kemudian mengeras seperti lem. Selain itu, berbeda dengan telur pada umumnya, kulit ari yang berada di dalam cangkang juga terasa kenyal saat ditarik.

"Karena khawatir berdampak pada kesehatan, telur itu tidak jadi dimasak. Apalagi sempat ada kabar telur palsu beberapa waktu lalu. Saya beli seharga Rp 19 ribu per kilogram," tambah Linda.

Atas temuan Linda, kini pihak Kepolisian turun tangan untuk menyelidiki asal muasal dan kebenaran telur ayam tersebut. Kasat Reskrim Polres Kediri Kota Iptu Grindra Wardhana mengaku telah berkoordinasi dengan Disperdagin Kota Kediri untuk uji lab.

(/)