Video 20Detik

Dosen Debat Gibran di Lokasi Penyekatan, Enggan Dites Swab

detikTV, detikTV - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 18:33 WIB
Solo -

Dalam penyekatan di Pospam Jurug, Senin (10/5/2021), Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menemukan mobil berpelat B. Ternyata penumpangnya warga sekitar yang berprofesi sebagai dosen. Gibran sempat terlibat debat dengan sang dosen.

Saat dihentikan petugas dan Gibran, dosen bernama Arinda mengatakan "Ini mau ke UNS (Universitas Sebelas Maret) untuk ambil parsel saja."

Tetapi, karena tidak dilengkapi dengan hasil swab antigen atau pun surat tugas, akhirnya Arinda dan sang suami diminta untuk turun dan melakukan tes swab. Dia sempat menolak dengan alasan sebelumnya sudah melakukan tes swab. Tapi dia mengaku tidak membawa hasil tes tersebut.

"Rumah saya kan dekat cuma di Palur (Karanganyar) dan tadi kalau tidak mau tes disuruh putar balik untuk ambil hasil tes, tapi tidak boleh," ungkapnya.

Gibran tetap meminta Arinda dan suami kembali melakukan tes swab antigen di tempat. Menurut Gibran, tes swab wajib dilakukan bagi yang tidak membawa surat atau hasil tes sebelumnya. Ini menjadi konsekuensi dan sudah aturan bagi warga luar Solo. Akhirnya Arinda bersedia. Bahkan foto-foto dengan Gibran.

(/)