Video 20Detik

Ramai Video Jokowi Dinarasikan Mudik, Istana Membantah

detikTV, dtv - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 16:39 WIB
Jakarta -

Video iring-iringan RI-1 yang dinarasikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mudik beredar di media sosial. Istana memastikan bahwa Jokowi tidak mudik.

Video viral berdurasi 41 detik tampak iring-iringan mobil melintas di sebuah ruas jalan. Si perekam video menyatakan mobil-mobil tersebut berpelat B. Perekam itu juga menyebut RI-1 pulang kampung.

Pihak Istana pun memberi klarifikasi. Rombongan itu merupakan saat Presiden Jokowi kunjungan kerja (kunker) ke Jawa Timur, Kamis (6/5).

"Itu benar rombongan Presiden. Video tersebut saat Presiden kunjungan kerja ke Jawa Timur hari Kamis 6 Mei 2021," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin lewat pesan singkat, Senin (10/5).

"Video tersebut perjalanan rombongan Presiden dari Lamongan menuju Surabaya untuk meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo. Lokasi di video tersebut di daerah Gresik sebelum masuk gerbang tol (GT) Kebomas" lanjut Bei.

Istana menegaskan bahwa Jokowi tidak mudik. Sebelumnya Juru Bicara Jokowi, Fadjroel Rachman, sudah memastikan bahwa Jokowi dan jajaran menterinya tidak mudik.

"Presiden Joko Widodo dan seluruh Kabinet Indonesia Maju juga tidak mudik lebaran, diikuti seluruh pejabat di Pusat dan di daerah. Juga tidak ada acara berbuka puasa dan open house Idul Fitri" Ujar Fadjroel di akun instagram miliknya @fadjroelrachman, Sabtu (8/5).

(/)