Video 20Detik

Hari Pertama Larangan Mudik, Kendaraan Non-Pelat Bandung Diputar Balik

detikTV, Wisma Putra - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 10:12 WIB
Jakarta -

Hari pertama pelarangan mudik, petugas gabungan melakukan penyekatan di kawasan Cibiru yang merupakan perbatasan antara Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung. Sejumlah kendaraan luar kota atau bukan plat nomor Bandung diputar balik oleh petugas.

Dari pantauan tim detikcom, hingga pukul 08.00 WIB sudah ada empat kendaraan roda empat yang diputar balik ke arah Cileunyi. Tercatat, 3 kendaraan berplat nomor Jakarta dan satu unit berplat G (Brebes, Pemalang, Batang, Tegal, dan Pekalongan).

Para pengendara yang dihalau petugas mengaku hendak melintas untuk menuju tempat mereka bekerja. Namun, mereka tak dapat menunjukan dokumen perjalanan yang disyaratkan selama masa pelarangan mudik.

Tak sebatas menyasar kendaraan roda empat, petugas gabungan juga memeriksa pengguna sepeda motor yang hendak melintas posko penyekatan. Umumnya pengendara bekerja di Kota Bandung.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bandung menyiapkan delapan lokasi penyekatan pemudik. Lokasinya menyebar hingga ke wilayah perbatasan kota-kabupaten. "Penyekatan ada delapan titik, lima di gate tol, tiga di no gate tol seperti Cibiru, Ledeng dan Cibereum," kata Sekda Kota Bandung Ema Sumarna di Balai Kota Bandung, Kamis lalu (29/4/2021).

"Pola penyekatan sangat luar biasa, sangat ketat. Beberapa check point, kita gelar. Ada lima gate tol mulai Pasteur, Pasirkoja, Kopo, Buahbatu dan Moh Toha kemudian non gate, termasuk kantor polsek dan koramil jadi Pos Pam jaga keamanan di Kota Bandung," tambahnya.

(/)