Video 20Detik

Proyek Rumah Megah Tersangka Kasus Dugaan Antigen Bekas Jadi Sorotan

detikTV, dtv - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 07:51 WIB
Jakarta -

Polisi menetapkan 5 tersangka dalam kasus dugaan daur ulang alat tes antigen di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Mereka warga Sumatera Selatan (Sumsel). Rumah megah yang dibangun salah satu tersangka jadi sorotan.

Proyek pengerjaan rumah itu berdiri di atas lahan di kawasan Griya Pasar Ikan, Jalan Lohan No A 14-15, RT 7, Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel). Lahan itu diketahui milik Manager Kimia Farma, berinisial PM.

PM ditetapkan sebagai tersangka atas perannya sebagai penanggung jawab Kimia FarmaJl Kartini Medan. Ia diduga berperan menginstruksikan stafnya menggunakancotton buds swab bekas dalam proses tes antigen penumpang di Bandara Kualanamu.

Seiring dengan mencuatnya kasus, proyek pembangunan rumah PM pun terhenti. Hal itu dibenarkan oleh warga setempat.


"Benar, PM merupakan warga kita. Dia baru membangun rumah mewah di depan rumah lamanya. Saat ini masih dalam tahap pembangunan. Sudah dua hari ini tampak kosong dan terkunci rapat," papar Muslim, ketua RT setempat, kepada wartawan, Sabtu (1/5/2021).

"Pengerjaan rumah mewah milik PM itu disetop oleh pihak keluarganya setelah kasus yang menjerat PM mencuat,"tambahnya.

Sorotan publik atas proyek pembangunan terus bergulir seiring dengan terungkapnya fakta-fakta keuntungan yang diperolah PM dan rekan-rakannya. Polisi mengungkap dari tindakannya mereka, pelaku mengantongi hingga Rp30 juta per hari. Kapolda Sumut Irjen Panca Putra menambahkan, sejak Desember 2020 diprediksi seluruh tersangka meraup keuntungan sebanyak Rp1,8 miliar.

(/)